Hari ini, PT KAI Resmi Operasikan KA Solo Ekspres

SOLOJurnalPatroliNews SOLO – PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo mulai hari ini, Kamis, 17 Mei 2018. Penumpang yang akan naik kereta istimewa ala kereta bandara itu tak dipungut biaya hingga Minggu, 20 Mei 2018, mendatang.

Prosesi peresmian kereta yang didominasi warna hijau itu dipusatkan di Stasiun Solobalapan, Solo, Kamis, 17 Mei 2018. Selain dihadiri sejumlah direksi PT KAI fan jajaran dirjen Kementerian Perhubungan, acara tersebut juga dihadiri Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Menurut walikota, operasional kereta dengan rute Solo-Jogja-Kutoarjo itu akan semakin memudahkan warga Solo maupun Kutoarjo yang ingin bepergian.

“Warga Kutoarjo yang ingin ke Solo tidak perlu repot lagi mencari transportasi, karena bisa menggunakan kereta bisa sampai di Solo,” kata Rudy saat peresmian KA Solo Ekspres di Stasiun Solo Balapan, Kamis (17/5).

Dijelaskannya, pengoperasian KA Solo Ekspres sebagai wujud dari pelayanan pemerintah, yakni menyediakan angkutan yang murah, nyaman dan aman. Dia berharap kehadiran kereta baru ini mampu mendorong tingkat kunjungan ke Kota Solo.

Kehadiran kereta Solo Ekpres yang masih promo gratis, mengundang antusias ratusan warga. Mereka sudah mengantre sebelum acara peresmian Solo Ekspres dilakukan dengan memadati Stasiun Solo Balapan.

Normalnya, jika tidak gratis, maka harga tiket untuk rute perjalanan Solo-Jogja-Kutoarjo sebesar Rp 40 ribu. Sedangkan untuk rute Solo-Jogja sebesar Rp 30 ribu.

Untuk perjalanan Solo-Jogja-Kutoarjo ditempuh dengan waktu lebih kurang dua jam perjalanan.

KA Solo Ekspres akan melayani penumpang dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Kutoarjo PP, melalui Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, Stasiun Maguwo, Stasiun Lempuyangan, dan Stasiun Wates.

Untuk operasional KA Solo Ekspres, disiapkan empat jadwal perjalanan KA berangkat dari Stasiun Solo Balapan setiap pukul 08.40 WIB dan 15.40 WIB serta keberangkatan dari Stasiun Kutoarjo pada pukul 11.15 WIB dan 18.25 WIB. Satu rangkaian KA Solo Ekspres ini terdiri atas empat kereta dengan kapasitas angkut sebanyak 393 penumpang.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemhub Zulfikri mengatakan pihaknya masih terus bekerja untuk menyelesaikan pembangunan jalur KA menuju Bandara Adi Soemarmo. Direncanakan pada akhir 2018, konstruksi jalur KA tersebut sudah selesai sehingga pada awal 2019 bisa dioperasikan untuk pelayanan KA Bandara Adi Soemarmo.

Selain itu, imbuh Zulfikri, Kemhub juga melaksanakan pembangunan jalur ganda KA lintas selatan Jawa dengan total sepanjang 276,8 km yang ditargetkan selesai konstruksi dan diresmikan pengoperasiannya pada akhir 2018 ini. (dai)

LEAVE A REPLY