2 Pria Asal Ambon yang Diduga Anggota Mujahidin Ditangkap Babinsa di Poso

5ae71fb0c9b8cJurnalPatroliNews – Dua pria yang diduga anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) berhasil ditangkap aparat Babinsa di Poso, Sulawesi Tengah Senin, 30 April 2018. Kedua orang itu masing-masing bernama Abdul Mutalib Pia alias Abu Mutalib alias Bento (27 tahun) dan Hanzolah alias Yadi (33 tahun).

Dua pria itu berasal dari Ambon, Maluku. Abdul Murtalib yang berasal dari Batu Merah, Ambon, ditangkap oleh Babinsa Membuke, Kopda Roy Malore. Sedangkan Hanzolah juga dari Ambon, namun tinggal di Pasar Minggu Jakarta Selatan, ditangkap oleh Babinsa Kalora Koptu Irwan Samsu.

“Iya benar, anggota TNI mengamankan dua pria diduga sebagai anggota MIT di Poso, pada Senin (30/4),” kata Kapenrem 132/Tadulako, Mayor CPM Muhlis Lamongki, Selasa (1/5).

Mayor Muhlis menjelaskan kronologis penangkapan dua pria tersebut bermula sekitar pukul 05.45 Wita, Abdul Muthalib datang ke kios masyarakat di Desa Kalora, Kecamatan Poso Pesisir Utara, untuk membeli sandal jepit.

Karena mencurigakan, warga kemudian menyampaikan ke Babinsa Kopda Roy Malore selanjutnya dijemput oleh Babinsa tersebut.

Berdasarkan pemeriksaan singkat, Abdul Muthalib beralasan turun dari gunung atau tidak tahan ikut kelompok MIT karena sakit hepatitis.

Dari tangan keduanya aparat menyita barang bukti diantaranya peta Alindu skala 1:50.000 (lembar 2015-62) Edisi l-1991 dan Kompas Kalibrasi 1:50.000 meter dan 1:25.000 meter serta barangbukti lainnya.

Dari data aparat, Abdul Muthalib sudah melakukan kegiatan Tadrib atau pelatihan oleh Ali Kalora selama bergabung di Gunung.

“Yang bersangkutan datang di Poso bersama tiga orang lainnya dan diantar oleh saudara Itang dari Makassar menggunakan mobil avanza,” lanjut Muhlis. (dai)

LEAVE A REPLY