“Jaksa Agung Muda Pengganti Amari Bukan Tersangka”

JAKARTA-JP : Kejaksaan Agung membantah pemberitaan bahwa calon Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, Andi Nirwanto, pernah menjadi tersangka kasus pemalsuan berkas saksi. Kepala Puspen Hukum Kejaksaan Agung, Noor Rachmad, mengungkapkan Andi Nirwanto memang diperiksa polisi, tetapi sebatas sebagai saksi.

Menurutnya, posisi Andi saat itu hanya menjadi jaksa penuntut umum pengganti karena posisi sebenarnya ketika itu menjabat sebagai Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Jakarta Utara. “Loh Pak Andi kan yang menyidangkan sebagai PU pengganti, Wajar dong kalau dimintai keterangan sebagai saksi (di kepolisian), karena ketika itu jaksa aslinya sudah mutasi ke Sumbar sebagai Kajari. Pak andi sebagai pengganti,” jelasnya.

Untuk itu, Noor mengungkapkan Andi tidak tahu sama sekali tentang pemalsuan berkas perkara atas saksi Kiki Aryanto. Pada waktu itu yang melakukan pemeriksaan tambahan di kajati lalu dilimpahkan di Kejari Jakarta Utara lalu disidangkan kasus itu, dia adalah JPU pengganti. “Jaksanya diantara yang lain adalah pak Harun Husein, pak andi itu pengganti,” ungkapnya.

Peristiwa ditangkapnya lima jaksa terjadi pada 5 Desember 1997 lalu. Mereka dituduh polisi melakukan tindakan kriminal dengan memalsukan BAP tambahan Kiki Ariyanto, dalam  persidangan Eng San.(B)

LEAVE A REPLY