Tiket Kapal Laut Dipastikan Tidak Naik

Jakarta JP – Pada arus mudik kali ini pihak pengelola Pelabuhan Tanjung Priok memastikan tidak akan ada kenaikan harga tiket.

“Tiket masih tetap, tidak ada kenaikan harga. Seperti harga tiket tujuan Belawan Medan dijual Rp355 ribu. Para calon penumpang kapal bisa membeli tiket melalui agen-agen travel, dan juga bisa dipesan di kantor Pelni,” kata Supervisor Terminal Penumpang Nusantara II Pelabuhan Tanjung Priok Syawaludin pada Kamis (26/7).

Ia mengatakan lonjakan penumpang diperkirakan meningkat 10 persen dari jumlah penumpang tahun lalu yaitu sebanyak 62.415 penumpang dan akan terjadi pada H-10 hingga H+5 Hari Raya Idul Fitri. Tujuan utama keberangkatan diperkirakan menuju Ternate, Ambon, Makassar, Bitung dan Medan.

Pihak pengelola, telah menyiapkan tiga unit kapal yaitu Kapal Motor (KM) Gunung Dempo, KM Labobar, KM Kelud dan KM Ciremai. Masing-masing memiliki kapasitas sebanyak dua ribu penumpang, “Kita juga menyiapkan dua kapal cadangan setiap harinya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang” terangnya.

Untuk membantu keakuratan jadwal keberangkatan, pengelola bekerjasama dengan Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menyajikan informasi terbaru mengenai kondisi cuaca.

Syawaludin mengatakan berbagai fasilitas bagi para calon penumpang telah disiapkan pengelola pelabuhan, seperti areal parkir yang luas, dua terminal penumpang, posko kesehatan, posko lebaran dan posko terpadu.

Sebanyak 70 personel gabungan dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) dan petugas keamaman akan dikerahkan untuk keamanan selama arus mudik berlangsung. Pihak pengelola juga memasang sebanyak 70 unit CCTV, menyiagakan empat unit mobil patroli, delapan unit mirror detector, serta empat unit mobil pemadam kebakaran.(IPS/mtv)

2 COMMENTS

  1. Uchen Medy -on facebook : Yang harus diperhatikan oleh para pengelola angkutan laut adalah jumlah penumpang & crew/ABK harus sesuai dengan jumlah yg tercantum di dlm manifest sbg antisipasi kalo terjadi sesuatu didalam perjalanan..!

LEAVE A REPLY