Pemerintah DKI Bekerjasama Dengan PD Jaya Untuk Menawarkan 15 Ribu Kios Untuk PKL

Jakarta-JP : Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memanfaatkan 15 ribu kios kosong milik PD Pasar Jaya untuk pedagang kaki lima (PKL).

Ini merupakan salah satu janji pemerintah Joko Widodo – Basuki Tjahaja Purnama untuk menertibkan PKL di Jakarta. Langkah awal pun sudah dilakukan dengan menggelar pertemuan antara Wagub Basuki dengan asosiasi PKL DKI Jakarta.

Basuki menawarkan penggunaan 15 ribu kios kosong PD Jaya untuk digunakan sekitar 300 ribu PKL. Menurut Basuki, cara kepemilikan kios bagi PKL nantinya dengan sistem undian yang akan dilakukan langsung oleh asosiasi PKL.

Pihak asosiasi PKL DKI Jakarta menyambut baik tawaran dari Pemprov ini. Namun, Basuki juga menegaskan akan memberi sanksi tegas bagi oknum yang memanfaatkan kios gratis bagi PKL ini.

Sebelumnya Jokowi menjelaskan, penataan ruang tersebut memang selayaknya dilakukan di Jakarta. “Saya selalu sampaikan berjualan itu silakan dan berjualan yang sudah ditentukan, kalau berjualan dimana-mana dibiarkan, kota ini jadi apa,” ujar Jokowi.

Jakarta, sambung dia, memiliki peraturan yang harus dijalankan bagi warganya termasuk para PKL untuk berjualan. “Jadi bukan tidak boleh (jualan), kota ini kan ada aturannya, tetapi Saptol PP jangan menggunakan kekerasan, jangan kasar,itu aja, nanti ditata tempatnya,” tandasnya.

LEAVE A REPLY