Ini Delapan Hakim Agung Terpilih Periode 2013-2018

palu-hakimJakarta-JP : Komisi III DPR RI, akhirnya memilih delapan hakim agung baru setelah menyeleksi dari 24 calon hakim agung untuk periode 2013-2018. Pemilihan dilakukan melalui pemungutan suara oleh 56 anggota Komisi III DPR.

Berikut ini nama delapan hakim agung terpilih: Hamdi, M Syarifuddin, I Gusti Agung Sumanatha, Fachruddin, Margono, Burhan Dahlan, Desnayeti, dan Yakup Ginting.

Semua anggota Komisi III sepakat dengan penghitungan ini.

Sebelumnya sempat terjadi perdebatan karena sejumlah anggota DPR menilai mayoritas dari 24 calon hakim agung yang dikirim Komisi Yudisial berkualitas minim. Ada usulan agar pemilihan ditunda dan DPR mengembalikan nama calon hakim agung ke Komisi Yudisial. Rapat pun diskors selama 15 menit untuk rapat pleno.

Rapat pleno Komisi III DPR memutuskan tetap memilih paling banyak delapan calon hakim agung. Para anggota Dewan diminta melingkari pilihannya pada kertas suara.

56 anggota Komisi III DPR RI memilih delapan nama dari 24 calon hakim agung yang telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan dilakukan pada 14-23 Januari 2013.

LEAVE A REPLY