|

Rapim TNI: Perkuat Komitmen dan Semangat Revitalisasi Alutsista TNI.

logo tniJakarta JP – “Melalui Rapim TNI 2013, Kita Perkuat Komitmen dan Semangat Revitalisasi Alutsista TNI Guna Memantapkan Profesionalisme dan Eksistensi Peran Strategis TNI di Bidang Pertahanan” Demikian Tema yang di usung dalam Rapat Pimpinan TNI  yang digelar  sejak Senin (28/1) hingga Rabu (30/1).

Sebelumnya, pada Senin (28/1) para peserta Rapim TNI dan Polri beserta para Gubernur dan Bupati/Walikota menerima pengarahan dari Presiden RI dan selanjutnya pembekalan dari Menkopolhukam, Menkoperokonomian dan Menkokesra. Hari ke 2 atau tanggal (29/1) peserta menerima pembekalan dari Menteri Pertahanan, Menteri Keuangan, Kepala BPKP, Kepala BNPB, Kepala LKPP dan Kepala PPATK dan esoknya (30/1) ditutup dengan penyampaian evaluasi pembinaan kekuatan dan kemampuan TNI AD, TNI AL dan TNI AU, dilanjutkan evaluasi pengunaan kekuatan TNI 2012 serta program kerja dan anggaran TNI tahun 2013.

Dalam jumpa pers, panglima TNI, Laksamana Agus Suhartono, SE menyampaikan, sepanjang tahun 2012 lalu TNI telah berhasil melaksanakan pembangunan kekuatan dan kemampuan sesuai dengan arah pembangunan postur TNI dalam format minimum essential force-mef.

Sementara Kepala Dinas Penerangan Umum Puspen TNI, Kolonel CPL Minulyo Suprapto, mengatakan, hasil evaluasi Rapat Pimpinan (Rapim) tahun 2012 yang menonjol diantaranya belum terlengkapinya alat utama sistem senjata (alutsista) pengganti dari sebagian alutsista lama, penggelaran kekuatan TNI relatif masih bertumpu di Pulau Jawa, dan keterbatasan dukungan anggaran yang belum mencukupi dalam mewujudkan kekuatan pokok minimum TNI (minimum essential force).

Menurut Kolonel Minulyo, tujuan dari rapim ini untuk mengevaluasi pelaksanaan pembinaan kekuatan dan kemampuan pimpinan TNI. Selain itu juga untuk menambah wawasan pengetahuan unsur pemimpin TNI tentang kondisi dan ketentuan yang berlaku berkaitan dengan tugas TNI tahun 2013.

Selain itu, Rapim TNI juga untuk menyamakan pokok-pokok kebijakan Panglima TNI tahun 2013 dalam rangka pembinaan kekuatan dan kemampuan serta penggunaan dan gelar kekuatan TNI serta penyiapan satuan TNI untuk tugas-tugas pada tahun 2013.

Rapim TNI ini merupakan sarana komunikasi, bertukar informasi para pimpinan agar dicapai satu kesatuan, tindakan serta evaluasi program kerja dan kinerja organisasi TNI. Di samping itu, Rapim TNI juga diarahkan untuk membangun kesatuan persepsi para pimpinan TNI sehingga pelaksanaan tugas TNI tahun 2013 dapat berjalan sesuai arah kebijakan pimpinan dan dapat mencapai hasil yang optimal.

Rapim TNI diikuti oleh 165 peserta terdiri dari empat  pimpinan TNI, 47 pejabat Mabes TNI, 47 pejabat Mabes TNI AD, 35 pejabat TNI AL, 22 pejabat TNI AU dan 10 peninjau. Garis besar kegiatan Rapim TNI tahun 2013 meliputi pengarahan Presiden, pembekalan Menko Polhukam, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menko Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Short URL: http://jurnalpatrolinews.com/?p=36173

Posted by on Jan 29 2013. Filed under HEADLINE, Nasional, Puspen TNI. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Iklan

Recently Commented

  • IBU, ATY: Kami sekeluarga ingin megucapkang banyak terimah kasih kepada MBAH RIJI karna angka yang MBAH,berikan...
  • Lembaga Study Kebijakan Publik (eLSKaP): Wah ! Rupa2nya nelayan di kawasan perbatasan dipersenjatai.
  • Cara mengatasi ketombe: Salam Kenal dari kami, senang bisa mengunjungi situs anda
  • Sunaryo: Setelah Sekian Lama Saya Mengenal Dunia Permainan Togel.Baru Kali ini Saya Brhasil Tembus Empat Angka...
  • Aini: Mahal sangat harga tiket asingnya!. Pernah melawat banyak negara di dunia tapi tak seperti cara Indonesia...
  • Cara mengatasi ketombe: Makasih banyak atas informasi yang diberikan. Sukses terus yah.
  • wandi juda ranggi: Salaam Pak/Mbak, Apa bisa nolong saya untuk mendapakan email address kantor klenteng Sam poo Kong...
  • Rumah kayu: Sudah seharusnya TNI bersikap profesional seperti kata Jenderal TNI Dr. Moeldoko. Jangan terpengaruh...