|

Presiden Hamid Karzai Mengunjungi Qatar

Presiden Hamid Karzai terus mengundang sejumlah pihak untuk mendukung proses damai di negaranya

Presiden Hamid Karzai terus mengundang sejumlah pihak untuk mendukung proses damai di negaranya

Presiden Afghanistan, Hamid Karzai tiba di Qatar hari Sabtu (31/303) dalam kunjungan dua hari untuk menggelar pembicaraan dengan sejumlah pejabat di negara tersebut.

Salah satu topik yang akan dibahas dalam peretemuan tersebut adalah soal kemungkinan pembukaan kantor perwakilan Taliban di negara itu.

Rencana pembukaan kantor di Qatar selama ini dipandang sebagai salah satu langkah penting dalam memformalisasi jalur pembicaraan damai antara Pemerintah Afghanistan dengan Taliban.

Kantor kepresidenan Karzai sendiri mengatakan pembicaraan di Qatar akan terpusat pada kerjasama dua negara serta proses perdamaian di Afghanistan.

Pembicaraan damai kedua pihak sangat penting mengingat pasukan AS akan meninggalkan Afghanistan pada akhir 2014 mendatang.

Bulan lalu Karzai dan Presiden Pakistan Asif Ali Zardari juga mengatakan mereka akan bekerja sama untuk membuat kesepakatan damai bagi Afghanistan dalam enam bulan ke depan.

Pembicaraan damai dengan Taliban sendiri kerap menemui banyak hambatan, kelompok itu telah menunda pembicaraan dengan AS pada bulan Maret tahun lalu.

Serangan baru

Saat Karzai mengunjungi Qatar sejumlah peristiwa kekerasan dilaporkan terus terjadi di Afghanistan.

Sembilan orang yang diduga sebagai anggota Taliban dan dua orang anak dilaporkan tewas setelah serangan udara yang dilancarkan oleh pasukan internasional menyerang sebuah wilayah dekat Ghazni.

Juru Bicara NATO seperti dikutip dari kantor berita Reuters mengatakan serangan itu dilancarkan setelah mereka mendapatkan pangggilan permintaan bantuan helikopter dari salah satu anggota polisi Afghanistan yang tengah melakukan patroli.

Sebelumnya bulan lalu, Presiden Karzai telah mengeluarkan larangan bagi pasukan keamanan Afghanistan untuk meminta bantuan serangan udara terhadap kawasan pemukiman dari tentara asing.

Larangan dikeluarkan akibat meningkatnya tensi ketegangan di negara itu pasca serangan yang kerap memakan korban jiwa dari kelompok sipil.

Sumber : BBC INDONESIA.

Short URL: http://jurnalpatrolinews.com/?p=39772

Posted by on Mar 31 2013. Filed under Dunia, HEADLINE. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Iklan

Recently Commented

  • edy martoyo: Emang ayam madukoro sangat lezat. Pas dilidah, perut dan juga kantong. Ini rumkan langganan keluarga...
  • Mata elang: setiap kali mereka berulah : 1.jika sbg saksi setelah di periksa awal pasti besok nya mereka lari dgn...
  • BANSA ANGKOTASAN, SH: Isinya g ada tantangan lgsung dr JK terhdp Prabowo soal baca Al Qur’an, koq judulnya mlh...
  • fariel ey: ini baru ungkapan seorang yang berwawasan luas , bijaksana dan tegas . salam salut buat Panglima TNI. saya...
  • insan kesuma: TOP, my old friend…hoping to be the winner salam insan KAI 081323941339
  • BAHRUL ULUM: maju terus bung anies…..jangan terpengaruh pernyataan fadli zon yg sombong, itu mulut sering...
  • rohmat: Jangan mencari-cari kesalahan orang lain. Silahkan Pilih Jokowi atau Prabowo monggo saja. bebas bro. Kalau...
  • Nurie Ahmad: Cui@ yang pasih saja masih berdusta. Bagaimana dengang yg tdk bisa membaca Al Qur’an? Apa tdk...