|

Jadwal Pelaksanaan Tes CNPS 2013

tes-tulis-cpnsJAKARTA—JP : Beberapa bulan terakhir jadwal pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil (CNPS) baru 2013 sempat simpang siur. Tetapi akhirnya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melansir jadwal resmi rekurtmen calon abdi negara itu. Tes tulis dijadwalkan dilaksakan pada 3 November nanti.

Secara garis besar tes CPNS 2013 ini terbagi menjadi tiga kelompok. Yakni tes untuk pelamar tenaga honorer kategori 2 (K2), pelamar umum dengan sistem tes tulis lembar jawaban komputer (LJK), dan pelamar umum dengan sistem computer assisted test (CAT). Ujian tulis CPNS baru kelompok tenaga honorer K2 dan pelamar umum LJK, dilaksanakan pada 3 November. Sedangkan ujian online kelompok pelamar umum dengan sistem CAT dilaksanakan mulai 29 September hingga November.

“Kebijakan nasional menginstruksikan tes CPNS baru menggunakan CAT dengan mekanisme online,” ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Kemen PAN-RB M. Imanuddin kemarin. Sejumlah instansi pusat maupun daerah sudah mengusulkan untuk menggelar tes CPNS baru dengan sistem CAT. Khusus untuk instansi pemerintah dearah, akan dikomando secara teknis oleh kantor regional BKN (Badan Kepegawaian Negara) setempat.

Imanuddin mengatakan sampai sekarang memang belum ada satupun instansi yang secara resmi mengumumkan rekrutmen CPNS baru. Sebab saat ini masih tahapan penyusunan formasi. Dia mengatakan bahwa penetapan dan persetujuan rincian formasi ini dijalankan hingga 30 Agustus nanti.

Tahapan berikutnya adalah keputusan penetapan formasi, pengumuman penerimaan, pendaftaran pelamar, dan seleksi administrasi dilaksakan pada 1-28 September. Sampai saat ini Kemen PAN-RB belum bisa memprediksi jumlah pelamar tes CPNS 2013.

Tetapi muncul indikasi bahwa pelamarnya bakal meningkat tajam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Alasannya adalah tes dilaksanakan setelah musim wisuda perguruan tinggi. Selain itu pada dua tahun terakhir kuota penerimaan CPNS baru sedikit, sehingga terjadi penumpukan peminat.

Pihak Kemen PAN-RB terus menggeber sosialisasi tes CPNS baru ini. Khususnya tentang penerapan sistem CAT. Dalam sistem ini, pelamar yang dinyatakan lulus administrasi akan diundang untuk mengerjakan naskah ujian secara online langsung di depan komputer. Keunggulan tes ini adalah, bisa dilaksanakan bergelombang dalam beberapa hari.

Peserta tes CPNS baru sistem CAT akan langsung mengetahui hasil ujian setelah selesai mengerjakan soal ujian. Tetapi perlu dikethaui  yang diujikan secara online ini adalah tes kompetensi dasar (TKD). Masih ada satu tahap saringan lagi, yakni tes kompetensi bidang (TKB). Imanuddin mengatakan panitia telah memiliki jutaan butir soal ujian, untuk mengantisipasi tes CPNS online ini. (jpnn-jp)

Short URL: http://jurnalpatrolinews.com/?p=48196

Posted by on Aug 27 2013. Filed under HEADLINE, Metro, Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Iklan

Recently Commented

  • Mata elang: setiap kali mereka berulah : 1.jika sbg saksi setelah di periksa awal pasti besok nya mereka lari dgn...
  • BANSA ANGKOTASAN, SH: Isinya g ada tantangan lgsung dr JK terhdp Prabowo soal baca Al Qur’an, koq judulnya mlh...
  • fariel ey: ini baru ungkapan seorang yang berwawasan luas , bijaksana dan tegas . salam salut buat Panglima TNI. saya...
  • insan kesuma: TOP, my old friend…hoping to be the winner salam insan KAI 081323941339
  • BAHRUL ULUM: maju terus bung anies…..jangan terpengaruh pernyataan fadli zon yg sombong, itu mulut sering...
  • rohmat: Jangan mencari-cari kesalahan orang lain. Silahkan Pilih Jokowi atau Prabowo monggo saja. bebas bro. Kalau...
  • Nurie Ahmad: Cui@ yang pasih saja masih berdusta. Bagaimana dengang yg tdk bisa membaca Al Qur’an? Apa tdk...
  • masimam: Riyanto alangkah dangkalnya pemikiran kamu, seberapa baikkah durimu?????