KPK “Besok, Gubernur Atut Mulai Dimejahijaukan”

KPK "Besok, Gubernur Atut Mulai Dimejahijaukan"Jurnalpatrolinews.com-Jakarta : Gubernur Banten  Ratu Atut Chosiyah Chasan menjalani sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Selasa (6/5). Atut dimejahijaukan sebagai terdakwa dalam kasus dugaan suap penanganan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.

“Benar, besok sidang perdana tersangka Atut untuk kasus pilkada Lebak,” kata juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, Senin, 5/5. 

Gubernur Banten Atut Chosiyah Chasan,  yang menjadi tersangka kasus dugaan suap terhadap Akil Mochtar, akan menghadapi sidang perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta pada Selasa, 6 Mei 2014.

Kakak Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan. Atut ditetapkan sebagai tersangka pada 17 Desember 2013. Atut disangka menyuap Akil Mochtar yang waktu itu menjabat Ketua Mahkamah Konstitusi. Suap itu diduga bertujuan untuk memenangkan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Lebak yang diusung Partai Golongan Karya, Amir Hamzah-Kasmin.

Amir-Kasmin sebelumnya kalah telak oleh pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi. Kemenangan itu kemudian digugat ke MK.

Kasus suap di lingkungan MK itu bermula dari operasi tangkap tangan penyidik KPK yang mencokok Akil Mochtar pada 2 Oktober 2013. Pada hari yang sama, pukul 23.00, penyidik KPK mencokok adik Atut, Chaeri Wardana alias Wawan, yang kemudian disangka menyiapkan duit suap untuk Akil.

Atut juga menjadi tersangka dalam kasus pengadaan sarana dan prasarana alat kesehatan Provinsi Banten 2011-2013 dan penerimaan gratifikasi.

LEAVE A REPLY