Polda Metro Janji Tertibkan Pungli

Ditlantas Polda Metro JayaJurnalpatrolinews.com-Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Dwi Prayitno menyatakan pihaknya akan menertibkan segala macam pungli di lingkungannya.

Upaya itu, terutama di Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, terkait dengan penertiban oleh Biro Pengamanan Internal (Paminal) dan mutasi sejumlah pejabat lalu lintas.

“Untuk tingkat Polda kita akan tertibkan,” kata Dwi di Jakarta pada Minggu (4/5).

Menurutnya, Polda Metro Jaya manut pada kebijakan Mabes Polri soal pertimbangan mutasi itu. Begitu pula dalam hal pemeriksaan terhadap pihak yang pernah ditangkap dalam penertiban oleh Biro Paminal Polri.

“Mutasi itu bagian dari pembinan karier yang bersangkutan. Dari pihak Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya masih melakukan pemeriksaan (terhadap kasusnya),” tutup dia.

Sebelumnya Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Suhardi Alius mengatakan belum ada berkas penyelidikan yang masuk ke jajarannya dari kasus penertiban pungli oleh Paminal.

Menurutnya, ini masih dalam ranah dugaan pelanggaran disiplin dan etika anggota Polri yang ditangani Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri.

“(Kasus) Lantas ini masih di Propam. Ranahnya etika. Ini tetap ada sanksi. Etika, Disiplin, Pidana, ada sanksinya masing-masing. Enggak ada alasan (untuk tidak dihukum). Ini untuk efek jera,” ucapnya di Jakarta, Minggu (4/5).

Saat ditanya mengenai potensi penanganan kasus oleh Direktorat III/Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Suhardi enggan berkomentar lebih jauh.

Soal jenis pelanggaran itu, jelasnya, akan ditelusuri secara bertahap. “Tunggu saja. (Keputusannya) setelah hasil rapat,” kilah dia. sember:metronews.com.

LEAVE A REPLY