Pemadam Kebakaran Karawang Pelu adanya Kemandirian dan Efektivitas dalam pelayanan

pemadamKarawang,Jurnal Patroli News,- Pada Hari ualang tahun pemadam Kebakaran ( Damkar ) Karawang ke- 69 di  buat  berbagai macam acara seperti adanya Tata cara gelar pasukan memperingati HUT Pemadam kebakaran yang di padukan dengan penutupan Bimtek  peningkatan kapasitas bagi petugas Damkar kabupaten Karawang serta di buat pula hiburan organ tunggal untuk memeriahkan acara tersebut.
Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran Pemerintah Kabupaten Karawang yang selama ini berada di bawah Dinas Cipta Karya berharap bisa berdiri sendiri. Harapan itu diungkapkan Kepala UPTD Damkar Pemkab Karawang, Oman di Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar ke 96, Senin (2/3).
“Kami berharap kepada pemerintah bisa mengerti dan memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kami, dari UPTD ini bisa menjadi kantor sendiri,” ungkap Oman.

Ia menilai perlu adanya kemandirian dan efektivitas dalam pelayanan kepada masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran dan masih kurang memenuhi standar. Alasan itulah yang perlu dipertimbangkan dari pihak pemerintah.

“Masalah anggaran biaya kami hanya terbatas. Sebab kalau kita melihat dari sisi pertumbuhan kondisi Karawang jumlah penduduk tiap tahunnya selalu meningkat,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Oman, perlu adanya peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat. Baik dalam meningkatkan sarana dan prasarana dalam pencegahan dan penanggulangan pemadam kebakaran serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dan tangguh dalam melaksanakan tugas.

“Sudah saatnya UPTD Damkar Karawang ditingkatkan statusnya, sebab beban dan tugas yang di emban cukup berat serta luas wilayah Karawang semakin bertambah cukup signifikan,” tuturnya.

Untuk saat ini UPTD Damkar hanya ditopang dengan 7 unit mobil pemadam kebakaran yang layak dipakai dan 82 personil. Untuk itulah, kata dia, baik instansi terkait atau pihak pemerintah sudah saatnya memikirkan bagaimana mengoptimalkan peran UPTD Damkar yang ada di Kota Pangkal Perjuangan.

“Memang UPTD Damkar tidak memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi selebihnya kami menyelamatkan aset,” ungkapnya
Diharapkan akan terbentuk Kantor Damkar akan  bisa melaksanakan salah satu tugas pemerintah dalam pelayanan kepada masyarakat di bidang pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran dan menciptakan rasa aman kepada masyarakat dari bahaya kebakaran.
“Saat in kita sudah ada cabang Telagasari dan Rengasdeklok. menyusul akan dibangun di Cilamaya dan Tegalwaru,” pungkasnya. (Adnan Siregar /Wawan)

 

LEAVE A REPLY