CISUMDAWU, Terowongan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Proyek_jalan_Tol_Cisumdawu

JurnalPatroliNews – Pembangunan atau Proyek Jalan Tol di indonesia selama ini memang sering kita dengar banyak yang tidak mengindahkan ekosistem lingkungan hidup di sekitarnya. Mulai dari penggundulan hutan atau bukit kecil sampai dengan pengurugan sungai/kali disepanjang proyek tersebut. Sedangkan imbasnya ke masyarakat disekitar adalah hilangnya mata pencaharian seperti bertani dan berkebun, tak jarang mereka juga tidak pernah menikmati fasilitas-fasilitas yang dibangun tersebut.

Tapi jangan salah, untuk proyek jalan tol kali ini pihak Pemerintah mulai mengkedepankan faktor perlindungan lingkungan hidup atau istilah asingnya Go Green. Proyek besar ini bernama Jalan Tol “CISUMDAWU”. Jalan Tol ini akan menghubungkan kota Cileunyi, Sumedang sampai ke Dawuan Subang Jawa Barat sehingga jarak tempuh dari Kota Bandung ke Sumedang bisa ditempuh hanya dengan waktu 15 menit saja.

Ada yang menarik dan pembeda dari proyek ini dengan proyek-proyek sebelumnya, yaitu Jalan Tol ini akan memiliki sebuah Tunnel alias terowongan. Terowongan ini diperkirakan mempunyai panjang sekitar 1 kilometer lebih yang membentang mulai dari Rancakalong tembus hingga ke Sumedang.

 

ILUSTRASI
ILUSTRASI

Latar belakang dibangun terowongan;

Kondisi topografi di ruas tersebut yang terjal dan berbukit-bukitlah yang mendasari dibangunnya tunnel tersebut. Daripada membelah bukit, Pemerintah mencari alternatif lain yakni dengan melakukan penggalian dan membuat terowongan. Pembangunan terowongan ini menggunakan teknologi tinggi dan tidak akan menggangu aktivitas lahan di atasnya sehingga tidak akan merusak lingkungan sekitarnya. (dai)

LEAVE A REPLY