Sindikat Narkoba Malaysia Dihukum Mati

ftgfhgj8795642jurnalpatrolinews.com – Karawang, Sindikat bandar narkoba internasional yang menjamah kawasan pantura, akhirnya kena batunya. Vonis hukuman mati dijatuhkan bagi enam pelaku yang diamankan di Cikampek dan Cirebon tanggal 17 Maret 2016.

Enam terdakwa perkara narkoba sabu-sabu itu adalah M Rizky (32) warga Kabupaten Kuningan, Jusman (53) warga Selat Panjang Riau, Ricky Gunawan (35) warga Kebun Jeruk Jakarta Barat, Sugianto alias Acay (35) warga Dumai Riau, Yanto alias Abeng (35) warga Dumai Riau, dan Karun (41) warga Selat Panjang Riau. Sedangkan seorang terdakwa Fajar Priyo Susilo (37) warga Pademangan Jakarta Utara, dijatuhi vonis 10 tahun penjara dipotong masa tahanan.

Sementara itu, dua terdakwa lainnya yang menampung hasil kejahatan yaitu Gunawan Aminah dan Henri Unan warga Selat Panjang Riau, masing-masing dijatuhi hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 6 bulan kurungan. Keduanya terbukti secara sah dan meyakinkan dijerat melanggar UU Nomor 8/2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Tiga di antara terdakwa tercatat sebagai narapidana penghuni Lapas Cipinang, Lapas Tanjung Gusta Medan dalam perkara yang sama. Ketiganya yakni Ricky Gunawan penghuni Lapas Cipinang yang berperan sebagai operator, sedangkan Karun dan Yanto penghuni Lapas Tanjung Gusta Medan.

Para terdakwa yang divonis mati tampak lemas, setelah mendengar putusan hakim yang memberikan hukuman mati. Mereka hanya diam dengan wajah tertunduk.

Humas Pengadilan Negeri Kota Cirebon, sekaligus Hakim Anggota dalam persidangan kasus narkoba jaringan internasional, Etik Purwaningsih menjelaskan, pertimbangan yang diambil majelis hakim dalam memberikan vonis mati terhadap 6 terdakwa, karena jumlah narkoba yang dibawa terdakwa terhitung sangat banyak. Kemudian, terdakwa juga merupakan bagian dari pengedar narkoba jaringan internasional.

Selanjutnya, beberapa terdakwa yang juga telah berulang kali melakukan tindak pindana narkotika. “Terdakwa Fajar Priyo Susilo dari tuntutan seumur hidup, turun menjadi 10 tahun. Karena pertimbangan bahwa peran terdakwa tidak signifikan. Artinya apa, dia hanya membantu untuk mengemas dan menghitung beberapa saat saja,” jelas Etik, Rabu (11/1) kemarin.

Kasus ini bermula dari tindakan Direktorat Divisi Anti Narkoba Mabes Polri menggerebek sebuah rumah kontrakan di kawasan perumahan Bumi Citra Lestari, Kelurahan/Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon pada Maret 2016 lalu. Dari rumah tersebut, polisi meringkus tiga dari empat pelaku dan mengamankan barang bukti berupa sabu-sabu dan pil ekstasi. Sementara satu pelaku lainnya diringkus di kawasan Cikampek.

Pencarian barang bukti juga dilakukan di sejumlah lokasi lainnya, di antaranya di KM Bahari 1, yang berlayar dari Selat Panjang, Riau ke Pelabuhan Cirebon. Total sabu-sabu dan pil ekstasi asal Malaysia yang diamankan tersebut mencapai 106 kg sabu sabu dan 200 ribu butir pil ekstasi. (raka)

Bandar Kecil Vonis Mati

Merry Utami
Warga Desa Bogorejo, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
Divonis mati karena membawa 1,1 kilogram heroin

Zainal Abidin
Warga Kelurahan Ilir, Palembang, Sumatera Selatan
Dihukum mati karena memiliki 58,7 kilogram ganja

Melissa Aprilia
Warga Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur
Kurir 3,5 kg heroin dan 3 kg kokain dieksekusi mati

Rita Krisdianti
TKI Ponorogo
Membawa narkoba seberat 4 kilogram

Tri Diah T alias Susi
Warga Jalan Mendalam, Bangil, Pasuruan
Divonis mati memiliki 50 kilogram sabu

Bandar Besar Karawang Luput dari Maut
Tommy Lim
Pemilik 161 kilogram sabu
Divonis 18 tahun penjara

Apip Apriansyah
Pemilik 25,225 kilogram sabu
Divonis 16 tahun penjara

M Husen
Rekan Apip Apriansyah
Divonis seumur hidup

Bandar Asing Divonis di Indonesia

Andrew Chan
Warga Negara Australia, dikenal sebagai Godfather di kelompok Bali Nine

Myuran Sukumaran
Gembong narkoba Warga Negara Australia

Martin Anderson
Warga Negara Ghana yang ditangkap di rumahnya di Kelapa Gading Jakarta Utara, 17 November 2003 atas kepemilikan 50 gram heroin.

Raheem Agbaje
Warga Negara Spanyol, didakwa menyelundupkan 5 kg heroin

Silvester Obiekwe Nwolise
Warga Negara Nigeria kedapatan membawa 1,2 kg heroin

LEAVE A REPLY