Rekaman Konser Bob Marley 40 Tahun Lalu Berhasil Dipulihkan

_93999224_036252199-1Jurnalpatrolinews – Jakarta,       Rekaman Bob Marley yang sempat hilang dan ditemukan di lantai bawah yang lembab di sebuah hotel di London sudah direstorasi, 40 tahun kemudian.

Isinya merupakan rekaman suara berkualitas tinggi dari konser legenda reggae itu di London dan Paris pada masa 1974-1978.

Temasuk di dalamnya adalah lagu-lagu terkenalnya di seluruh dunia, No Woman No Cry, Jamming, dan Exodus.

Sempat muncul anggapan bahwa rekaman berharga itu tidak bisa diperbaiki lagi karena kerusakan akibat terkena air, namun ternyata masih bisa.

Jika masih hidup, Marley -yang meninggal dunia tahun 1981- akan berusia 72 tahun pada Senin (06/02) ini.

Rekaman tersebut ditemukan di sebuah hotel murah di kawasan Kensal Rise, London barat laut, tempat menginap Bob Marley and the Wailers saat menggelar tur Eropa pada pertengahan 1970-an.

Seseorang menemukannya ketika sedang membersihkan sampah di hotel dan memberi tahu Joe Gatt, seorang pengusaha dan sekaligus penggemar berat Marley.

Dari rekaman induk dengan pita analog itu, 10 lagu berhasil dipulihkan, dua kosong, dan satu lagi sudah terlalu rusak.

Upaya pemulihannya membutuhkan waktu sekitar satu tahun dengan biaya sekitar £25.000 atau Rp414 juta.

“Mereka berada dalam (kondisi) buruk… Saya tak terlalu berharap,” kata Martin Nichols, insinyur audio di Studio White House kepada BBC.

Pita rekaman yang dipulihkan berisi penampilan Marley di tiga tempat pertunjukan di London dan satu di Paris. Konser itu direkam menggunakan satu-satunya mobil studio berkapasitas 24 jalur rekaman yang ada di Inggris saat itu.

Mobil itu dipinjamkan Rolling Stones kepada Bob Marley and the Wailers. (BBC Indonesia)

LEAVE A REPLY