Belum Ada Yang Dibanggakan Dari Pariwisata Sulut dan Minahasa

MinahasaJurnalpatrolinews – Seattle, Misi untuk membawa kebanggan atas potensi budaya dan pariwiata daerah Sulawesi Utara termasuk Minahasa ke luar negeri, mendapat tanggapan lain justeru dari warga kawanua sendiri.

Sebagaimana dikatakan salah satu warga kawanua di Seattle Amerika Serika Meyke Warankiran, bahwa agenda promosi wisata ke luar negeri termasuk ke negeri Paman Sam merupakan sesuatu yang tidak jelas.

Bahkan untuk hal yang satu ini, warga kawanua tersebut bahkan menyentil soal Pilkada meski tidak dijelaskan secara detail apa maksudnya hal tersebut.

“So nda jelas ini agenda-agenda samua. Ada hiding agenda for mo Pilkada. Yang pasti Sulut dan Minahasa babagitu jo, dari dulu nda ada yang bisa dibanggakan,” katanya kepada, jurnalpatrolinews.com Kamis (2/3/2017) waktu Amerika Serikat.

Warankiran yang juga merupakan salah satu pengurus organisasi kawanua di Amerika Serikat ini bahkan berani mengatakan bahwa dalam konteks pariwisata Sulut lebih khusus Minahasa tidak ada bagus-bagusnya, kotor dan penuh sampah.

“Kalaupun di Manado sekarang ada banyak turis China, ada kemungkinan mereka tidak hanya datang berwisata, melainkan ada motivasi lain. Bisa saja mereka ada yang melirik peluang menetap dan mencari peluang kerja,” tuturnya.

Pada bagian lain, Pengamat Politik dan Pemerintahan Dr Jerry Massie yang baru saja kembali dari Amerika Serikat mengatakan bahwa pada dasarnya promosi wisata tidak dilarang.

“Yang jadi persoalannya yaitu cara untuk mempromosikannya. Cara manual dengan mendatangkan puluhan orang sangat tidak efektif dan hanya membuang anggaran saja. Masih lebih baik menggunakan teknologi digital melalui website, media sosial maupun media online,” jelas Massie. (frangkiwullur)

LEAVE A REPLY