Kejuaraan Karate “Semar Cup X” Ikut Ambil Bagian Dalam Menciptakan Bibit Atlet Karate.

DSVDF3456758876Jurnalpatrolinews – Solo,   Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar kejuaraan karate antar mahasiswa se-Asia Tenggara “Semar Cup X” yang diikuti oleh atlet karate nasional dan atlet karate dari negara lain di Asia Tenggara

Sekjen Federasi Karate Asia Tenggara, SEAKF, Agus Santoso sangat mengapresiasi kembali digelarnya ajang kejuaraan dalam rangka dies natalis Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta itu. Agus menilai, dengan adanya ajang ini, berarti UNS telah ikut ambil bagian dalam menciptakan bibit atlet karate.

Agus menilai Kejuaraan Sebelas Maret (Semar) Cup harus masuk kalender Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI). Setelah masuk kalender, pertandingan Semar Cup bisa menjadi ajang pertandingan untuk perbaikan ranking Karate tingkat dunia, regional ASEAN

Seusai pembukaan Semar Cup X, di GOR Arena Sritex, Solo, Jumat (24/3) petang, Agus Santoso mengatakan “Paling tidak, sebagai uji coba atlit untuk menghadapi Sea Games dan Asian Games”

Kejuaran Karate Mahasiswa Semar Cup X diikuti atlet dari empat negara yang ikut ambil bagian, yakni Indonesia, Brunei Darussalam, Timor Leste, dan Malaysia. Total ada 19 medali yang diperebutkan.

Agus Santoso juga mengatakan pihaknya sedang memperjuangkan atlit-atlit karate Asia Tenggara yang umumnya memiliki postur tubuh kecil-kecil, supaya ada pemahaman kepada dunia bahwa jangan samakan atlit-atlit karate Asia Tenggara dengan atlit karate yang umumnya memiliki postur tubuh besar.

“Bukan tak mungkin dari mereka akan ada yang mewakili Indonesia di kancah internasional. Kita harus dukung penyelenggaraan ini, syukur-syukur melibatkan lebih banyak negara, tidak hanya Asia Tenggara saja,” pungkas Agus Santoso.

LEAVE A REPLY