Wanita TNI Kemhan Diharapkan Ikut Tanamkan Semangat Bela Negara di Lingkungannya

silaturahmi-wan-TNI-30-maret-2017-okJurnalPatroliNews-Jakarta – Wanita TNI Kementerian Pertahanan yang dipimpin oleh Koordinator Wan TNI Kemhan Kol (Caj) Siti Khasanah, Kamis (30/3) melaksanakan silaturahmi Wanita TNI yang mengundang seluruh Wanita TNI Kemhan dan perwakilan Kowad, Kowal dan Wara dari Mabes Angkatan dan Mabes TNI di Kantor Kemhan, Jakarta. Silaturahmi yang merupakan program rutin setiap tiga bulan yang juga mengundang perwakilan PNS Kemhan wanita kali ini diisi dengan ceramah Pembinaan Bela Negara oleh Direktur Bela Negara Ditjen Potensi Pertahanan Kemhan Laksma TNI Dr M Faisal SE,MM.

Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Dr M Faisal menjelaskan bahwa para Wanita TNI diharapkan mampu menularkan semangat bela negara kepada lingkungannya karena pada dasarnya kesadaran bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang mencintai negaranya. Dalam menghadapi ancaman nyata saat ini, seperti radikalisme, terorisme dan tergesernya budaya bangsa akibat kemajuan teknologi, semangat cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan sikap bela negara harus ditanamkan sejak dini.

Dir Bela Negara menegaskan, pembinaan semangat bela negara diharapkan dapat melahirkan generasi yang memiliki pola sikap, pola pikir dan pola tindak yang mencerminkan nilai bela negara, sesuai dengan bidang profesinya di semua aspek kehidupan nasional. Warga Negara Indonesia yang memiliki wawasan dan kesadaran bernegara sebagai wujud kecintaannya kepada tanah air dan memiliki karakter dan jati diri bangsa yang kuat sehingga memiliki daya tangkal yang kokoh guna menghadapi ancaman multidimensi terhadap kedaulatan dan kelangsungan hidup NKRI.

Demikian pula ditekankan oleh Koordinator Wanita TNI Kemhan Kol (Caj) Siti Khasanah yang mengharapkan agar seluruh anggota Wanita TNI yang hadir dapat menjadi agen perubahan di lingkungannya dalam penanaman kesadaran bela negara. Dan silaturahmi ini sekaligus ajang sebagai penyamaan pikiran mengenai pembinaan kesadaran bela negara.

Silaturahmi Wanita TNI juga diisi dengan paaran mengenai kebijakan komponen pertahanan negara sebagai subsistem pertahanan negara oleh Kasubdit SDAB Ditkomduk Ditjen Pothan Kemhan Dra Endang Purwaningsih M.Si dan rencana strategis pengelolaan komponen cadangan pertahanan negara oleh Kol Tek Ir Herman MT. Kedua pembicara menjelaskan mengenai upaya Kementerian Pertahanan dalam hal ini Ditjen Potensi Pertahanan Kemhan dalam mendorong payung hukum dalam pengelolaan komponen cadangan dan komponen pendukung pertahanan, bela negara dengan penyusunan Rancangan Undang-Undang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara. RUU Pengelolaan Sumdanas untuk Pertahanan Negara ini saat ini sedang dalam proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan HAM.DAS/SGY (kemhan.go.id)

LEAVE A REPLY