Polda Sumut Melakukan OTT Terhadap Kepala Distamben Sumut

Polda Sumut Melakukan OTT Terhadap Kepala Distamben SumutMedan-JP : Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Sumut, Eddy Saputera, di kantornya yang berada di Jalan Pasar II, kawasan Setiabudi, Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (6/4).

Dalam penangkapan tersebut, petugas yang tergabung dalam tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) menyita uang diduga hasil pungli sebesar Rp 39.900.000 sebagai barang bukti. Selain itu, petugas juga menyita sejumlah dokumen pengurusan izin galian C dari kantor Distamben Sumut.

“Ada tiga orang yang diamankan. Satu merupakan kadis dan dua orang lagi merupakan anak buahnya. Mereka masih menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan pungli tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk pengembangan,” ujar seorang perwira Polda Sumut.

Perwira yang tidak ingin disebutkan namanya itu mencurigai, pungli yang dilakukan oknum itu sudah berlangsung lama. Setiap pengusaha yang melakukan pengurusan izin proyek galian C diduga dimintai uang dengan jumlah tidak sedikit. Kondisi ini membuat mereka yang dirugikan merasa keberatan.

Sebelumnya, Polda Sumut mengamankan enam oknum dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut), Februari 2017 kemarin. Mereka diamankan terkait kasus pungutan liar (Pungli).

Salah seorang yang diamankan itu adalah Kepala BPN Deliserdang, Kalvin Sembiring. Polisi juga menyita dokumen terkait tanah, uang dari dalam sebuah mobil sekitar Rp 60 juta dan dari dalam sebuah ruangan yang lebih dari Rp 100 juta.

LEAVE A REPLY