Berikan Pembekalan Kepada Siswa SMA TN, Menhan Berpesan Jadilah Pribadi Kesatria dan Bertanggung Jawab

kunjungan-karya-wisata-siswa-sma-tnJurnalpatrolinews – Jakarta,  Kementerian Pertahanan menerima kunjungan Karya Wisata Siswa-Siswi Kelas XIV Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara (SMA TN) Magelang. Kunjungan Siswa SMA TN Magelang yang didampingi Pengurus dan Pamong SMA TN Magelang tersebut diterima oleh Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Senin (10/4) di kantor Kemhan, Jakarta.

Dalam kunjungan tersebut, sebanyak 248 Siswa Putra dan 116 Siswa Putri berkesempatan mendapatkan pembekalan dari Menteri Pertahanan yang menyampaikan pesannya kepada para Siswa SMA TN Magelang selaku generasi penerus bangsa agar menjadi pribadi yang kesatria dan bertanggungjawab.
“Kalian adalah duta dan cerminan bela negara. Selain dituntut untuk tanggap, tanggon dan trengginas, kalian juga harus belajar menjadi seorang pribadi yang kesatria dan bertanggungjawab”, pesan Menhan.

Dalam pembekalannya, Menhan juga menjelaskan tentang esensi bela begara bahwa bela negara adalah kecintaan kepada tanah air, bangsa dan negara. Dimana dengan kecintaaan tersebut maka akan bekerja untuk bangsa dan negara sesuai kemampuannya masing-masing walaupun berkorban nyawa demi bangsa dan negara.

Dijelaskan Menhan, kecintaan kepada tanah air, bangsa dan negara akan tumbuh dan dimulai apabila memiliki rasa kebanggaan kepada bangsa dan negara. Untuk itu kebanggaan tersebut harus ditanamkan dan ditumbuhkan melalui sejak usia dini.

Sementara itu, Kepala Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) Puguh Santoso, ST., M.Sc. mengatakan, kegiatan karya wisata ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menanamkan rasa cinta tanah air, memiliki wawasan kebangsaan, kejuangan dan kebudayaan serta mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan dengan cara mengenal lebih jauh tokoh-tokoh nasional.

Melalui kegiatan ini diharapkan motifasi belajar para siswa akan semakin meningkat, berprestasi tinggi dan mampu menumbuhkembangkan potensi kepemimpinannya sebagai kader bangsa masa depan yang hadal serta cerdas pikirannya, batinnya dan fisiknya sehingga menjadi manusia yang paripurna.

Diakhir pembekalan, para Siswa SMA TN Magelang juga diberikan kesempatan untuk bertanyajawab dengan Menhan seputar mengenai kebijakan pertahanan negara yang saat ini dilakukan oleh Kemhan. Turut mendampingi Menhan dalam kesempatan tersebut, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Widodo, Irjen Kemhan Letjen TNI Agus Sutomo dan beberapa pejabat Eselon I Kemhan.

LEAVE A REPLY