19 Siswa Sekbang Ikuti Latihan Survival

IMG-90787987097Jogja – JP: Selama empat hari, mulai senin sampai dengan kamis mendatang, (17 s/d 20 April), Calon penerbang militer sekolah penerbang (Sekbang) Prajurit Sukarela Dinas Pendek (PSDP) Angkatan 31 dan Sekbang Angkatan 94 Lanud Adisutjipto akan mengikuti latihan dasar survival.

Rencananya sebanyak 19 siswa akan diberangkatkan menuju ke daerah latihan di Kebumen, Waduk Sempor, Gombong, selanjutnya ke Lapangan Udara (Lanud) Sudirman, Wirasaba, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

“Pemberangkatan ini langsung saya pimpin bersama Wadanlat Mayor Pnb.Dian Bashari, mengambil start dari Kantor Skadik 104, Wingdik Terbang Lanud Adidutjipto. Saat ini para siswa dalam keadaan sehat dan semangat dalam menghadapi  latihan ini, termasuk para pelatih dan tim pendukung, “ujar Komandan Latihan yang juga sebagai Komandan Skadik 104 Letkol Pnb.Didik Setia Nugraha.

Ia juga berharap, latihan yang akan dilaksanakan berjalan dengan selamat, lancar, dan tidak ada halangan suatu apapun, mengingat cuaca dan medan yang menantang.

“kami juga selalu menginggatkan kepada para pelatih dan tim pendukung agar mengedepankan faktor safety, keselamatan adalah hal yang utama dan penting” jelasnya

Sementara, Wadanlat Mayor Pnb.Dian Bashari menekankan kepada para siswa peserta latihan, agar mengingat teori-teori yang telah diberikan dan jangan menganggap remeh, serta jaga kebersamaan dan kekompakan.

“untuk para siswa agas selalu menjaga team work, menjahui sifat egoisme, karena itu akan merusak komunikasi di lapangan nanti agar latihan ini dapat dilaksanakan dengan baik dan aman. Survival ini bukan hanya membekali calon penerbang tentang pengetahuan dan ketrampilan dasar, tapi juga tahapan wajib yang harus dilalui siswa,” tegasnya.

Materi dasar survival yang akan diberikan pada saat latihan nanti meliputi jalan peta, kompas, naik turun gunung, pelolosan dan penghindaran, survival, bertahan diri, makan ular, tumbuhan, hoisting, SAR air dan SAR hutan. (Kumara/ips)

LEAVE A REPLY