Komisi HAM Meksiko Kutuk Penembakan Wartawan

urnalpatrolinews.comJurnalpatrolinews.com-JP : Komisi Hak Asasi Manusia Meksiko pada Sabtu (Minggu WIB) mengutuk pembunuhan seorang reporter oleh polisi di bagian Barat Meksiko, peristiwa ini merupakan aksi terbaru dalam serangkaian kasus ditembaknya wartawan yang mungkin memiliki kaitan dengan pekerjaan mereka.

Maximino Rodriguez, nama reporter tersebut, ditembak hingga tewas di mobilnya yang sedang berada di area parkir sebuah pusat perbelanjaan pada Jumat, di ibu kota negara bagian, La Paz, sekitar 100 mil (160 km) dari pantai Cabo San Lucas.

Korban merupakan seorang wartawan yang menulis berita serta opini di laman situs Colectivo Pericu, saat itu ia tengah berada di dalam mobil bersama istrinya, namun sang istri tidak mengalami cedera setelah seorang bersenjata melepaskan tembakan dari sebuah pick-up putih, menurut laporan insiden yang ditulis di laman situs web.

Rodriguez merupakan wartawan keempat yang tewas dalam dua bulan terakhir di Meksiko, di mana kejahatan terorganisir dan korupsi telah menjadikan status negara itu sebagai salah satu yang paling berbahaya bagi wartawan.

Menurut data dari Komisi Hak Azasi Manusia Meksiko, sejak 2000 lebih dari 120 wartawan Meksiko tewas, demikian Reuters.

LEAVE A REPLY