Sestama Bakamla RI Terima Courtessy Call Delegasi Jepang

17b-CC-jepang-sestamaJurnalpatrolinews – TNI,  Sekretaris Utama Bakamla RI Laksda TNI Agus Setiadji, S.AP. menerima Courtessy Call Delegasi Jepang yang dipimpin oleh Penasehat Senior Japan International Cooperation Agency (JICA) Vice Admiral (Ret.) Ishima Toshitaka, di Kantor Pusat Bakamla RI Jalan Dr. Sutomo No. 11, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2017).

Kunjungan kehormatan tersebut dilaksanakan dalam rangka pembahasan kemungkinan kerja sama antara Indonesia dan Jepang di masa mendatang. Dalam pertemuan tersebut delegasi Jepang yang terdiri atas personel JICA dan Japan Coast Guard menyatakan apresiasinya atas kerjasama yang selama ini telah dan sedang terjalin antara kedua negara, dalam hal ini Indonesia diwakili oleh Badan Keamanan Laut RI.

Indonesia sebagai negara yang memiliki jalur-jalur perairan internasional yang penting, sehingga menurut pihak Jepang, kerja sama di bidang keamanan dan keselamatan laut antara kedua negara menjadi hal yang sangat penting untuk diwujudkan. Untuk itu Jepang merasa perlu membangun kerja sama yang bersifat teknis di bidang keamanan dan keselamatan laut, dengan lembaga/instansi teknis yang sesuai agar tepat sasaran.

Dalam kunjungan tersebut, Sestama Bakamla RI menyatakan apresiasi yang sama atas kerja sama dua negara dan harapannya agar kerja sama tersebut dapat terus terjalin ke depannya.

Terkait pembahasan yang dilakukan, Sestama Bakamla RI menyampaikan penjelasan singkat tentang sejarah, tugas pokok dan fungsi Bakamla RI serta sinergi yang telah terjalin antara Bakamla RI dengan mitra maritim di bidang keamanan, keselamatan serta penegakan hukum di laut.

Hasil pertemuan tersebut menekankan pada perlunya kerja sama teknis di bidang capacity building atau peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Dalam pertemuan tersebut Delegasi Jepang juga mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Pusat Informasi Maritim Bakamla RI.

Turut hadir mendampingi Sestama Bakamla RI antara lain Kasubdit Penyelenggaraan Operasi Udara Maritim Bakamla RI Kolonel Pnb Joko Triwibowo, Kasie Kerja Sama Multilateral dan Organisasi Internasional Hudiansyah Is Nursal, S.H., M.I.L.I.R., dan Kasubbag Perencanaan dan Pengembangan Kepegawaian Bagus Darmadi, S.E. Sedangkan dari pihak Jepang antara lain Mr. Akira Kuramoto dan Mr. Hitoshi Nishimura dari Japan Coast Guard, dan Mr. Kenji Muraoka, Mr. Muraika dan Mr. Kazuo Uezumi dari JICA.

LEAVE A REPLY