TNI AU dan UNS Bangun SMA Unggulan

2017-04-18-dispenau-penandatanganan-MOUJurnalpatrolinews – TNI,  TNI Angkatan Udara mendatangani kerjasama bidang pedidikan dengan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kerjasama yang disepakati adalah dalam. membangun sekolah SMA Unggulan “Pradhita Dirgantara”. Naskah kerjasama (MOU) ditandatangai oleh Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dan Rektor UNS Profesor Dr Ravik Karsidi MS di Gedung Utama dr. Prakosa UNS, Solo, Senin (17/4).

Penandatangan juga dilakukan oleh Pembina Yasarini Ny Nani Hadi Tjahjanto dengan Wakil Rektor bidang Perencanaan dan kerjasama, serta Ketua Yasarini dengan Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Dalam sambutan singkatnya, Kasau mengatakan, ruang udara merupakan media yang sejatinya banyak menghasilakan nilai-nilai ekonomis, yang dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa. Namun demikian pengelolaannya harus dimanage dengan baik, karena juga bersinggungan dengan negara tetangga.

Seperti penguasaan FIR oleh negara tetangga yang sangat mempunyai nilai ekonomis, karena setiap pesawat yang melintas harus membayar kepada negara, selain itu dapat mendatangan penumpang/wisatawan melaluai ruang udara, untuk itu ruang udara harus dikuasai dan dikelola untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

“Siapa yang menguasai udara, niscaya akan dapat menguasai lautan dan daratan karena dapat terpantau semua dari udara”, jelas Kasau.

Terkait dengan pembangunan Sekolah SMA Unggulan Pradhita Dirgantara, maka akan dimasukan nilai-nilai kedirgantaraan yang bersifat umum, sehingga lulusannya bisa melanjutkan ke Akademi TNI, AAL, AAU, dan Akpol dan di semua universitas, karena pelajarannya menggunakan silabus atau kurikulum yang dikerjasamakan dengan UNS.

“Cuma yang dibina karakternya, hanya karakter kedirgantaraaan, karena kita memiliki ruang udara yang sangat luas, paling tidak kedepan kita memiliki sumber daya unggulan dibidang kedirgantaraan sehingga memiliki kemampuan menguasai ruang udara”, ungkap Kasau.

LEAVE A REPLY