19 Siswa Sekbang A-94/PSDP A-31 Lulus Latihan Survival

foto bersama usai penutupan
foto bersama usai penutupan

Jogja – JP: Danlanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, MM menutup kegiatan latihan survival yang diikuti 19 Siswa Sekbang A-94/PSDP A-31 bertempat di Lanud soedirman Purbalingga.

Dalam sambutannya Danlanud menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Danlanud Soedirman, Muspida setempat dan masyarakat di daerah latihan survival atas dukungan dan bantuannya selama pelaksanaan latihan,

“ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada semua pihak yang turut membantu, sehingga seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan lancar, aman, sesuai jadwal yang telah direncanakan.” ujarnya

Saat di temui wartawan usai acara penutupan, Danlanud menyampaikan, latihan survival dasar yang dilaksanakan sejak tanggal 17 April 2017 lalu hingga hari ini, dinilai berhasil dengan baik, lancar, tertib dan aman tanpa hambatan yang berarti.

“Saya berharap semoga latihan yang baru saja selesai dilaksanakan ini dapat dimanfaatkan sebagai pegangan dan modal dalam menjalankan tugas-tugas yang akan datang, guna meraih keberhasilan dan prestasi dimasa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara Komandan Skadik 104 Letkol Pnb. Didik Setya Nugraha selaku Komandan Latihan menyampaikan bahwa para siswa sekbang yang telah melaksanakan survival, tim pendukung, dan para instruktur/pelatih bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnnya secara maksimal dan baik.

“selama latihan mulai dari pra survival hingga penutupan survival para siswa mengikuti dengan baik, kompak sesuai dengan teori yang telah diajarkan, selanjutnya nanti dibulan Mei mereka telah ditunggu untuk melaksanakan bina terbang sesuai dengan kurikulum pendidikan sekbang, “katanya.

Terpisah, Wakil Komandan Latihan, Mayor Pnb. Dian Bashari menyampaikan  bahwa kegiatan latihan survival bagi siswa Sekbang Angkatan 94 ini menempuh jarak kurang lebih 30-40 km, dimulai dari Waduk Sempor Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen dan Purbalingga, serta Lanud Sudirman Wirasaba.

“Adapun materi yang diberikan adalah  jalan peta,  kompas, naik turun gunung, pelolosan dan penghinadaran, survival, bertahan diri, makan ular tumbuhan, hosting, sar air dan sar hutan” katanya.

Ia juga menambahkan dari 19 siswa latihan survival dasar Angkatan ke-94 dinyatakan lulus, karenan para siswa melaksanakan semua materi yang dijadwalkan dan semua dijalankan dengan baik, meskipun kondisi cuaca selama latihan ekstrim dan musim penghujan.

“para siswa melaksanakan sesuai dengan prosedur latihan dan penuh dengan semangat, usai latihan ini saya berharap para siswa akan mendapat gambaran bagaimana dapat survive dan menyelamatkan diri apabila terjadi accident selama melaksanakan tugas” pungkasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 19 Siswa Sekbang A-94/PSDP A-31 telah berhasil menjalani latihan survival dasar setelah menempuh jarak kurang lebih 40Km, Kamis (20/4).

Hadir dalam upacara penutupan, Danlanud Soedirman, Muspida purbalingga para Kadis,  para Komandan satuan, para Kasi, perwakilan PIA AG serta para pendukung latihan.(Kumara/ips)

LEAVE A REPLY