Pemko Banjarmasin Berkomitmen Menciptakan Pemerintahan Akuntabel

17990735_201551403684132_8196936869981340911_nJurnalpatrolinews – Banjarmasin, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menegaskan, Pemko Banjarmasin tetap memegang komitmen untuk menciptakan manajemen pemerintahan daerah yang baik dan akuntabel.

Hal tersebut, terangnya, bukan sekedar slogan kosong dan tanpa makna, tapi implementasinya dalam penyelenggaraan pemerintahan telah menjadi sebuah kebutuhan mendesak, sebagai konsukuensi logis untuk memenuhi tuntutan publik dalam merespon perubahan.

“Berbagai regulasi dan perangkat aturan hukum telah dibuat untuk mendorong penyelenggara pemerintah daerah agar bekerja lebih tertib dan akuntabel, serta mempererat pengawasan dan menghindari kemungkinan terjadinya penyimpangan dan penyalahgunaan kekuasaan,” ujarnya, dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin dengan agenda Penyampaian Rekomendasi DPRD Kota Banjarmasin terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Banjarmasin tahun 2016, di Ruang Rapat Paripurna, Kantor DPRD Kota Banjarmasin, Rabu (19/04).

Menyinggung tetang saran yang telah dikeluarkan DPRD Kota Banjarmasin terhadap LKPJ Walikota Banjarmasin tahun 2016, Ibnu Sina menyatakan, akan memperhatikan semua saran yang telah diberikan, sehingga pembangunan di kota seribu sungai ke depannya dapat lebih baik. “Ini adalah suatu hal yang wajar dalam proses pembahasan, dalam rangka upaya penyempurnaan pembangunan di Kota Banjarmasin,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Rusmali, yang memimpin langsung jalan rapat tersebut menyatakan, agenda rapat tersebut bukan menolak LKPJ Walikota Banjarmasin melainkan memberikan saran dalam rangka membangun Kota Banjarmasin. “Agenda rapat saat ini bukan untuk mengambil keputusan, tetapi hanya untuk memberikan saran dalam rangka membangun Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Sekdakota Banjarmasin Hamli Kursani, dan jajaran Kepala SOPD Lingkup Pemko Banjamasin itu, rekomendasi yang dibacakan Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin, H Fathurrahim, terbagi atas beberapa point, diantaranya bidang urusan wajib, bidang kesehatan, bidang lingkungan, bidang pekerjaan umum, bidang penataan ruang, bidang perencanaan pembangunan, dan bidang perumahan. (humpro-bjm)

LEAVE A REPLY