Aparat Prancis ‘Ketahui Identitas Pelaku’ Serangan di Paris

21Paris2-superJumboJurnalpatrolinews – Jakarta,  Aparat Prancis mengaku telah mengetahui identitas pelaku penembakan di Paris yang menyebabkan seorang anggota polisi tewas dan dua personel lain luka-luka, Kamis (20/04) malam.

Jaksa Paris, Francois Molins, mengatakan “identitas penyerang telah diketahui dan sudah diverifikasi”.

“Saya tidak akan mengungkapnya karena investigasi dan penggerebekan sedang berlangsung guna menentikan apakah ada bukti keterkaitan atau tidak (dalam serangan),” ujar Molins.

Presiden Prancis, Francois Hollande, menyakini serangan itu “terkait teroris”. Insiden itu, menurutnya, akan menjadi pembahasan utama dalam rapat darurat pada Jumat (21/04) dengan perdana menteri, menteri dalam negeri, dan aparat keamanan.

“Sekilas, para petugas itu disasar secara sengaja,” kata juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Pierre-Henry Brandet.

Sementara itu, kelompok ISIS mengklaim bahwa salah satu ‘petempurnya’ telah melakoni serangan di Paris. Sebagaimana dinyatakan kantor berita Amaq yang senantiasa menyuarakan pesan-pesan ISIS, pelaku bernama Abu-Yusuf al-Baljiki.

Insiden itu sendiri bermula ketika sebuah mobil berhenti di samping bus polisi sesaat sebelum pukul 21.00 waktu setempat. Seorang pria keluar dari mobil itu dan melepaskan tembakan ke arah bus menggunakan senjata otomatis.

Setelah membunuh seorang polisi, dia berupaya kabur sembari melepas tembakan ke petugas lainnya. Namun, pelarian itu tidak berhasil lantaran aparat menembaknya hingga tewas.

Berdasarkan data yang dihimpun kantor berita AFP, serangan kaum jihadis di Prancis sejak 2015 telah menyebabkan 238 orang meninggal dunia. (BBC Indonesia)

LEAVE A REPLY