TMMD Ke-100 Kodim 1609 Buleleng Dilaksanakan Oktober 2017

IMG-32890345987Jurnalpatrolinews ~ Buleleng : Jajaran Kodim 1609/Buleleng kembali melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 yang akan dilaksanakan, bulan Oktober 2017 nanti, menyasar Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt.
 
”TNI Manunggal Membangun Desa adalah salah satu wujud Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, kementrian atau lembaga pemerintah non kementrian dan pemerintah daerah serta komponen masyarakat lainnya. TMMD dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan,” kata Dandim 1609 Buleleng Letkol Inf Slamet Winarto, S.E. di Singaraja, Jumat (21/04).
 
Kendati pelaksanaannya masing beberapa bulan lagi, namun Dandim Slamet Winarto mengaku pihaknya telah melakukan rapat koordinasi bersama jajaran Pemkab Buleleng serta instansi terkait lainnya. untuk menyukseskan TMMD ke-100 dimaksud.
 
”TMMD ke-100 yang sedianya dilaksanakan tahun 2018, dimajukan menjadi bulan Oktober tahun ini dengan sasaran kegiatan fisik dan non fisik, diantaranya betonisasi jalan sepanjang 2,5 kilometer di Desa Pangkung Paruk, Kecamatan Seririt”, ucap Dandim.
 
Disamping betonisasi jalan, dalam TMMD ke-100 juga dilakukan pembuatan sarana MCK serta kegiatan non fisik, berupa penyuluhan hukum dan bahaya penyalahgunaan narkoba.
 
Dandim Slamet Winarto menambahkan, dalam triwulan kedua pada semester ini jajaran Kodim 1609/Buleleng juga akan menggulirkan gerakan jambanisasi. Bantuan berupa pembuatan 415 jamban yang rencananya dilaksanakan selama 6 bulan, menyasar warga di wilayah Koramil Tejakula hingga Koramil Gerokgak. Selanjutnya bekerjasama dengan intansi terkait, Kodim 1609 Buleleng juga melakukan penghijauan dan layanan KB-kesehatan bagi masyarakat Buleleng. (JP ~ TiR).—
Memasuki Masa Tanam, Babinsa Bantu Petani Tanam Padi
 
Jurnalpatrolinews ~ Buleleng :  Upaya mendukung program pemerintah di bidang swasembada pangan, jajaran Kodim 1609/Buleleng turut serta melaksanakan pendampingan menanam padi di beberapa subak dalam wilayah masing-masing Koramil. Seperti halnya pendampingan dari jajaran Koramil 1609-03/Seririt di Subak Yehanakan oleh Babinsa Desa Banjarasem Sertu Made Sudiadnya, Kamis (20/04) pagi.
 
Danramil 1609-03/Seririt Kapten Inf Made Ardiana mengatakan, jenis padi yang ditanam oleh Babinsa dan petani kali ini, merupakan varietas unggulan, yaitu padi jenis ciherang yang sesuai dengan arahan Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng.
 
”Selain menanam padi, Babinsa juga ikut menyiapkan lahan di subak Yehanakan.,” kata Danramil Seririt Kapten Inf. Made Ardiana, Jumat (21/04) siang.
 
Menurut Made Andiana, kegiatan Babinsa dalam sektor pertanian merupakan suatu bentuk kepedulian TNI-AD, khususnya Kodim 1609 Buleleng, membantu pemerintah dalam mensukseskan swasembada pangan di Kabupaten Buleleng.
 
Danramil Seririt Made Ardiana juga mengaku, bahwa kegiatan tentara di sektor pertanian itu juga merupakan instruksi Dandim untuk mendukung kegiatan petani dan sekaligus membantu petani dalam hal pengawasan pupuk, sehingga tidak terjadi penyelewengan kepada semua petani yang ada di wilayah Kecamatan Seririt.   (JP ~ TiR).—
 

LEAVE A REPLY