Indonesia Dan New Zealand Adakan Pertemuan The Bilateral Defence Talks

SSI_0767Jurnalpatrolinews – Jakarta, Kementerian Pertahanan Republik Indonesia bersama Kementerian Pertahanan New Zealand mengadakan pertemuan the Bilateral Defence Talks (DBT) membahas tentang kerja sama kedua negara di bidang pertahanan, Selasa (16/5) di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Delegasi Kemhan RI dipimpin oleh Direktur Kerja Sama Internasional Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan (Dirkersin Ditjen Strahan) Kemhan RI Brigjen TNI Rizerius Eko Hs, sedangkan Delegasi Kemhan New Zealand dipimpin oleh Head Internasional Branch, New Zealand MoD, Ms. Charlotte Beaglehole.

Secara khusus pertemuan DBT membicarakan mengenai peningkatan kerjasama pertahanan yang meliputi Memorandum of Arrangement on Defence Cooperation, Mutual Assistance Programme Update dan rencana kunjungan kehormatan Menteri Pertahanan New Zealand kepada Menhan Indonesia yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Selain itu, pertemuan tersebut juga digunakan oleh delegasi kedua negara untuk saling bertukarpandangan mengenai tantangan keamanan bersama di kawasan regional seperti tantangan keamanan di kawasan Pasific Selatan, keamanan maritim dan ancaman terorisme.

Dirkersin Ditjen Strahan Kemhan RI berharap, pertemuan ini dapat menjadi upaya bagi Indonesia dan New Zealand untuk dapat terus menggali potensi kerjasama pertahanan kedua negara dan meningkatkan partisipasi kedua negara dalam turut menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan.

“New Zealand selalu menjadi mitra penting bagi Indonesia, tidak hanya dalam hubungan bilateral tapi juga di forum regional dan internasional. Selama bertahun-tahun, kedua negara juga selalu saling mendukung dan memperluas kerja sama di berbagai bidang”, jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya terkait di sektor kerja sama pertahanan, Indonesia secara rutin telah mengirim siswa ke New Zealand Staff Colleges dan sejumlah kursus singkat. Tahun lalu, Angkatan Laut Indonesia juga turut berpartisipasi dalam International Fleet Review 2016 di New Zealand dengan mengirimkan kapal TNI AL KRI Banda Aceh.

Menurutnya, dengan peningkatan kerja sama pertahanan dengan New Zealand, Indonesia juga berharap dapat memperluas kerja sama ke negara-negara lainnya di kawasan Pasifik Barat Daya. Indonesia sangat berharap, New Zealand akan menjadi jembatan bagi Indonesia untuk memperluas kerja sama dengan negara-negara di kawasan Pasifik Barat Daya.

LEAVE A REPLY