KPK “Salah Satu Tujuan Digulirkannya Hak Angket Adalah Mendesak KPK Membuka Rekaman Pemeriksaan Miryam

KPK "Salah Satu Tujuan Digulirkannya Hak Angket Adalah Mendesak KPK Membuka Rekaman Pemeriksaan Miryam Jurnalpatrolinews.com-JP : Salah satu tujuan digulirkannya hak angket adalah mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuka rekaman pemeriksaan mantan anggota Komisi II DPR dari Fraksi Hanura, Miryam S Haryani.

KPKĀ menegaskan, pihaknya tidak dapat membuka rekaman pemeriksaan tersebut karena telah menjadi alat bukti yang bakal digunakan di persidangan.

Misalnya mereka menuntut agar rekaman (penyidikan) dibuka, nah itu tak mungkin. Sebab rekaman itu akan menjadi alat bukti, yang akan kami gunakan dalam persidangan. Jadi enggakmungkin kami buka di luar persidangan.

Jubir KPK, Febri Diansyah menyatakan, hak angket ini sebenarnya tak perlu digulirkan. Hal ini lantaran hak angket tersebut berkaitan dengan proses pemeriksaan saksi di KPK.

“Hak angket tidak perlu dilakukan karena latar belakangnya pemeriksaan Miryam jadi saksi,” katanya.

Menurut Febri, hak angket ini menjadi ujian keseriusan fraksi-fraksi di DPR dalam mendukung upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Partai-partai yang sebelumnya menolak hak angket diharapkan konsistensinya dengan tidak mengirimkan anggota ke Pansus.

“Sejumlah fraksi mengatakan tidak akan mengirimkan anggota atau perwakilan kepada pansus yang akan dibentuk. Kami apresiasi sikap-sikap fraksi yang konsisten. Ujian konsistensi fraksi apakah benar mengirimkan anggotanya atau enggak karena kalau tidak ada yang kirim tidak akan ada pansus,” katanya.

LEAVE A REPLY