Nasionalisme Dan Pemahamannya Untuk Memantapkan Kehidupan Bernegara Dalam Bingkai NKRI

 

DSCF4271Analisa, Pemikiran Dalam Perspektif Sejarah Dan Korelasinya

Oleh : Eko Ismadi 

Kondisi bangsa Indonesia sekarang ini dihadapkan dengan fenomena baru sebagai imlipasi dari bentuk eforia baru dari perkembangan Reformasi yang terjadi di tahun 1998.  Dimana Indonesia saat terjadi proses sebuah yang disebut Rotasi sejarah, yaitu sebuah perubahan yang terjadi dalam kehidupan kebangsaan terhadap sejarah tentang definisi dan pemahamannya.

Perjalanan sebuah bangsa ditentukan oleh sebuah arah dan tujuan nasionalnya, yang mana itu didapat dan diketahui dari pemikiran sejarah. Sebuah bangsa yang kemudian menjadi negara tanpa memahami sejarah tidak akan mungkin dapat menyusun arah dan tujuan nasional dengan tepat dan menjadi kesepakatan bangsa yang kemudian menjadi tekad bersama untuk mencapainya inilah yang disebut semangat kebangsaan itu.

Sebelum memahami Nasionalisme hendaknya kita mengerti dulu apa yang dimaksud negara. Karena akar dari nasionalisme adalah negara tanpa terbentuknya negara nasionalisme tidak akan ada.Setelah itu barulah kita bisa mengulas akan Nasionalisme dalam perspektif apapun sesuai dengan dimensi pemikiran kita kemana tulisan itu akan diarahkan dan dimanfaatkan.

Keamanan, keharmonisan, dan stabilitas keberlangsungan dari arah dan tujuan nasional itulah yang disebut kepentingan nasional sebuah bangsa. Oleh karena itu betapa pentingnya kepentingan Nasional. Iraq dan Afghanistan luluh lantak akibat dari pemahaman akan betapa sebuah kepentingan nasional Indonesia. Demikian juga Arab Saudi harus mengirim pasukan untuk menyerang Yaman Juga Israel berseteru Abadi dengan Palestina karena keberadaan kepentingan Nasional.

Sebuah negara yang akan bisa maju dan berkembang sangat ditentukan oleh konsistensi sikap kepentingan nasional bangsa itu sendiri. Seperti Amerika, Inggris, Belanda, dan Jepang mereka sangat konsisten dengan kepentingan nasionalinya. Bahkan pernah mereka berhitung berapa besar kebutuhan dan biaya yang diperlukan untuk mengamankan kepentingannya tersebut sekalipun tempatnya jauh dari negaranya, seperti Inggris harus mempertahankan kekuatannya di Malvinas. Dalam catatan sejarah nasional indonesia pernah melakukan perang hanya demi kepentingan nasional yaitu integrasi Timor Timur.

Tulisan ini sebagaimana terulis dalam judul maka nasionalisme yang kami ulasa hanyalah terbatas pada lingkup kebangsaan Indonesia. Oleh karena itu tulisan ini saya bagi dalam pengertian nasionalisme ?, Pentingnya Nasionalisme ? Nasionalisme Dan Korelasi bagi NKRI ? Nasionalisme Yang Ideal Bagi bagi bangsa Indonesia ? Dan Nasionalisme yang ideal bagi bangsa Indonesia ? Harapan kami semoga tulisan ini bermanfaat bagi kehidupan bangsa Indonesia dan dapat menjadi pertimbangan bagi menentukan kehidupanlebih baik.

PENGERTIAN

Bangsa. Banyak pendapat dari beberapa ahli sejarah dan ilmuwan namun yang terasa identik dengan bangsa Indonesia yaitu Anthony D. Smith yang mengatakan,”Bangsa adalah suatu komunitas atau kelompok manusia yang memiliki nama, menguasai suatu tanah air, memiliki mitos mitos dan sejarah bersama, budaya politik bersama, perekonomian tunggal, dan hak kewajiban bersama bagi semua anggotanya.

Kebangsaan.  Kebangsaan adalah hubungan hukum antara orang dan negara. Kebangsan memberikan yuridiksi negara atas orang dan memberi orang perlindungan dari negara.

Nasional. Etimologi Nasional berasal dari bahasa latin yaitu natio yang berakar dari kata nasci. Kemudian kata natio ini diadopsi oleh bangsa Italia menjadi  nascere yang artinya tanah air, Perancis dan Inggris juga mengadopsinya dengan menyebut natio menjadi nation.  Maka nasional itu terdiri dari gabungan bangsa bangsa yang menjadi sebuah negara dengan segala identitasnya, oleh karena itu negara harus terdiri dari bangsa bangsa.

Nasionalisme. Suatu paham yang menumbuhkan, pemikiran, tekad, dan semangat, untuk taat, patuh, dan setia kepada bangsanya dalam rangka menciptakan dan mempertahankan kedualatan sebuah negara atau nation dengan mewujudkan suatu konsep identitas bersama manusia yang ada didalamnya bagi tujuan dan cita cita serta melindungi kepentingan nasionalnya.

Nasionalisme Indonesia adalah Suatu paham yang mempergunakan nasionalisme sebagai upaya untuk membentuk negara Indonesia yang memerdeka dan berdaulat.  Sedangkan semangat yang tumbuh dari memahami nasionalisme itulah yang disebut sebagai semangat nasionalisme Indoneisa.

PENTINGNYA NASIONALISME BAGI SEBUAH BANGSA

Setelah nasionalisme dipahami dan dinilai sesuatu yang berharga dan mutlak harus dimiliki oleh sebuah bangsa maka sejarawan Indonesia Fajar Budi menyebutkan arti nasionalisme sebagai suatu kesatuan kultur dan kedaulatan politik dari suatu bangsa. Bahkan Beliu menegaskan bahwa kedua kata tersebut merupakan kata kunci kekuatan nasionalisme.

Kekuatan Nasionalisme.  Nasionalisme adalah sebagai kekuatan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena nasionalisme hadir sebagai bentuk dan wujud dari sebuah keyakina akan kebenaran sikap dan perilaku serta tekadnya untuk membangun sebuah negara yang berdasarkan kebangsaan yang melahirkan nasionalisme.

Spirit Nasionalisme.

Bagi kehidupan sebuah bangsa apa yang harus dipahami dari nasionalisme? Yang perlu dipahami adalah spirit nasionalisme Indonesia, yaitu suatu kekuatan yang dapat menggerakkan, dimana lahir, tumbuh dan berkembang dalam diri seseorang karena memahami dan mengerti nasionalisme serta proses sejarah pertumbuhannya.

Karena dalam kehidupan kebangsaan Indonesia tidak cukup hanya mengerti saja tetapi mampu menumbuhkan gerakan dalam dirinya untuk mencontoh, meniru, atau melakukan sebagaimana yang ia ketahui dari proses dan sejarah pertumbuhannya, sehingga tidak sebatas hanya tahu teori tetapi merasakan manfaat dari keberadaan nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semangat Nasionalisme. Keinginan yang kuat untuk menumbuhkan spirit dan kekuatan untuk meyakini bahwa nasionalisme yang dimiliki adalah sebagai jalan untuk mencapai cita cita hidup pribadi dan kebangsaan itulah yang disebut semangat nasionalisme. Implementasi dari semangat nasionalisme adalah dalam bentuk cinta tanah air, rela berkorban, serta mempertahankan kedaulatan yang dimiliki sebagai bangsa yang merdeka.

HUBUNGAN SEJARAH DAN NASIONALISME INDONESIA

Nasional pada awalnya yang memaknai dan mengartikan adalah bangsa Romawi kuno yang sedang berkuasa di Israel dan wilayah Syria, akibatnya nasionalisme diartikan oleh mereka sebagai sesuatu yang negatif yakni keinginan atau tekad suatu kelompok yang berdasarkan kesukuan, yang mengancam kekuasaan dan keselamatan bangsa Romawi. Namun pada perkembangannya setelah modernisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan justru nasional menjadi sebuah sikap yang istimewa dan sangat diperlukan bagi sebuah bangsa.

Sejarahlah yang menjadi  syarat utama akan lahirnya nasionalisme tanpa sejarah tidak akan mungkin tumbuh nasionalisme. Sedangkan nasionalisme ada sebuah spirit atau perasaan untuk taat dan setia kepada negaranya, spirit atau perasaan yang kuat ketika kita memahami sejarah perjalanan negara dan nasionalisme nya.

Perasaan itu harus dipupuk dan dipelihara akan tetap kokoh dan kuat melalui pemahaman definisi arti dan lingkup Sejarah nasional bangsanya.

Sejarah sebagai kewaspadaan.  Mengapa sejarah sebagai kewaspadaan ? Ada tiga alasan mengapa sejarah menjadi kewaspadaan yang pertama adalah sejarah sebagai cermin kehidupan, sejarah adalah kekuatan pertahanan, dan sejarah adalah kekuatan Intelijen.

Dengan kokohnya pemahaman terhadap definisi sejarah maka sulit bagi negara lain untuk menguasai negara kita Indonesia.

Kemampuan sebuah negara adalah mempertahankan arah dan tujuan, cita cita nasional nya. Kewaspadaan dari sejarah adalah agar pemahaman sejarah itu tidak berubah tetapi tetap dan konsisten.

Bila pemahaman itu dapat diubahkan oleh bangsa Indonesia sendiri ataupun oleh bangsa lain akan dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketahanan nasional.

Karena visi dan misi kebangsaan serta keyakinan nasional berubah, yang artinya intelejen Indonesia akan lemah dan dapat dikuasai oleh bangsa lain.

Sejarah Adalah kelangsungan hidup Bangsa. Kelangsungan artinya adalah lestari dan tidaknya keberadaan atau tegak kokohnya suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh pemahaman sejarah oleh bangsanya.

Oleh karena itu komitmen pemahaman terhadap pengertian tidak boleh berubah ubah. Karena bila berubah keharmonisan dan keselarasan sebuah kehidupan kebangsaan tidak akan berlangsung justru sebaliknya akan terjadi kegaduhan yang menyebabkan terjadinya perselisihan dan konflik yang menghabiskan energi waktu dan tenaga.

Sejarah harus dipahami secara berkesinambungan. Pemahaman berkesinambungan artinya terus menerus secara berkelanjutan tidak terputus, tidak berubah ubah dan mudah terpengaruh oleh kekuatan bangsa lain atau pemahaman bangsa lain terlebih kita justru meniru sikap bangsa lain.

Kuat dan kokoh bukan berarti anti terhadap masukan dan pengaruh dari luar tetapi kita mampu memfilter mana yang cocok dan mana yang sesuai dengan kepribadian bangsa kita juga mampu mengembangkan mana yang baik dan makna yang perlu dipelihara serta dipertahankan.

Yang berikutnya adalah sejarah harus dipelajari oleh generasi dan turun menurun sifatnya. Apa yang dipelajari oleh generasi pendahulu, penerus, dan selanjutnya akan selalu sama. Sedangkan yang membedakan adalah implementasi, interprestasi, dan aktualisasinya.

Misalkan penyelenggaraan politik tidak mungkin disamakan ketika zaman Majapahit atau diberlakukannya kembali Dwi Fungsi ABRI.

Sejarah Sebagai Evaluasi  Kebangsaan. Sejarah adalah catatan perjalanan kehidupan bangsa masa lalu. Dari masa lalu kita dapat belajar keberhasilan dan kegagalan serta permasalahan yang dialami. Para ahli mengatakan sejarah adalah cermin kehidupan bahkan sejarawan inggris menyebutkan orang yang berpikir modern adalah orang yang belajar sejarah. Demikian pula bangsa Indonesia saat ini perlu menjadikan sejarah sebagai evaluasi akan perjalan perubahan dan pembangunan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia bisa berlajut dan berkesinambungan tidak terhenti.

Sebuah perjalanan hidup pastilah ada masalah tidaklah dari kita rakyat Indonesia menghendaki bangsa dan negara Indonesia memiliki dan mengalami permasalahan yang sama dalam menapaki perjalanan  hidupnya. Agar terhindar dari masalah yang kita lakukan adalah sejarah sebagai evaluasi kebangsaan.

Di sisi lain tentu bangsa Indonesia juga ingin berkembang dan berubah menyesuaikan perkembangan zaman dan dinamika kehidupan yang berkembang yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan Informasi yang disebut globalisasi.

Bangsa Indonesia pasti tidak menginginkan adanya ketertinggalan dan munculnya hambatan. Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah belajar dari sejarah. Nasional indonesia.

MEMAHAMI NASIONALISME DAN KORELASINYA BAGI NKRI

Dalam kehidupan nasionalisme terdapat apa yang disebut Visi kebangsaan.  Dengan adanya visi maka akan ada batasan bagi seorang warga negara untuk berpikir, berbuat, berperilaku, dan bersikap bagi negaranya. Karena bila tidak ada itu maka kehidupan kebangsaan suatu negara akan diwarnai oleh konplik, perselisihan, perdebatan, dan pertentangan yang berkepanjangan.

Terlebih bagi Indonesia sangat rentang terhadap masalah ini karena bangsa Indonesia yang beragam dan majemuk. Atau yang dalam istilah akademi disebut koridor berpikir atau komitmen kebangsaan atau kesepakatan bangsa.

Visi dalam nasionalisme Indonesia. Tanpa visi yang sama dan disertai keyakinan yang kuat maka kekuatan nasionalisme tidak akan kuat dan kokoh. Bila hal ini terjadi maka kesetian terhadap nasionalisme Indonesia juga akan berkurang. Sebaliknya rakyat dan bangsa akan setia kepada kekuatan sosial, organisasi, pemikiran, kekuatan politik, raja, dan penguasa. Rakyat tidak akan memandang nasionalisme sebagai jalan dan arah tujuan hidup mereka tetapi akan beralih dengan apa yang mereka yakin sekalipun tidak tentu arah dan sifatnya sementara tidak ada masalah bagi mereka yang penting sekarang ini mereka perlu.

Bagi bangsa Indonesia visi apa yang diperlukan? Visi nasionalisme kebangsaan yang sesuai dengan bangsa Indonesia dan Ideologi negara Indonesia yakni Pancasila Dan UUD 1945. Karena visi ini yang terbukti dalam sejarah mampu menjamin kelangsungan hidup dan kelestarian bangsa Indonesia.

Bhineka Tunggal Ika.   Dalam sebuah fakta Nasionalisme Indonesia memang benar dibangun dan dibentuk dalam sebuah pemikiran kebhinekaan dan keberagaman, namun kebhinakaan dan keberagaman yang memiliki arah dan tujuan yang sama dalam mengembangkan sikap hidup, politik, dan berbangsa dan bernegara pada satu tujuan yang harus disepakati. Kesamaan Visi dan pandangan itulah yang disebut Bhineka Tunggal Ika bukan mengembangkan kebhinekaan saja, karena dengan kebhinekaan saja tanpa Ika pada kenyataannya tidak akan dapat mengatasi perbedaan dan mengatasi permasalahan.

Tetapi bila yang kita pahami adalah bhineka tunggal ika maka dalam perbedaan akan didapatkan dan ditemukan kesamaannya contoh antara sikap KYAI DAN PENJAHAT dalam Bhineka Tunggal Ika akan ditemukan kesamaan yaitu Kyai harus menerima dan memberi pengampunan kepada penjahat sedangkan penjahat harus bertobat agar dapat diterima Kyai, sebagai santrinya.

Keimanan Indonesia.  Bagi kehidupan yang diperlukan bukan makanan jasmani bagi tubuh saja tetapi juga makan rohani yang menyehatkan dan menguat rohani kita.   Karena keimanan akan membawa manusia kepada sikap hidup yang mementingkan dua kebutuhan tersebut.  Tumbuh dan berkembangnya sikap tersebut adalah ajaran agama, tanpa ajaran agama yang berkembang adalah sikap hidup yang hanya mementingkan makan dan minum serta tidur nyenyak saja tidak berpikir untuk kehidupan setelah hidup.

Bila keseimbangan sikap tidak dimiliki maka kehidupan kebangsaan tidak akan tenteram karena dalam diri kita tidak tumbuh yang namanya ketenangan hidup dan rasa toleransi. Tanpa iman dalam kehidupan kita hanya mengenal yang namanya menang dan kalah, kenapa sikap itu tumbuh ? Karena sikap hidup kita hanya didasarkan pada kebhinekaan bukan kebersamaan,  sehingga perbedaan tidak dihargai sebagai fasilitas untuk menambah wawasan dan kecerdasan tetapi perbedaan akan dinilai sebagi sesuatu ancaman dan hambatan.

Persatuan Dan Kesatuan.   Memahami persatuan dan kesatuan sama dengan kita memahami tentang sapu lidi dan manfaatnya, ketika lidi dipisah pisah menjadi bagian kecil atau satu satu maka sama sekali tidak ada manfaatnya.

Demikian juga bangsa Indonesia bagaikan sebuah sapu lidi terdiri berbagi komponen politik, komponen masyarakat, golongan, dan kelompok profesi ketika dipisahkan satu dengan yang lain maka tidak akan memiliki kemampuan apa-apa.

Misalnya TNI saja tanpa kerjasama dengan masyarakat, Polri saja tanpa TNI dan masyarakat, yang berikutnya masyarakat saja tanpa TNI dan POLRI tidak akan mampu berbuat banyak sebaliknya justru timbul masalah.

NASIONALISME YANG IDEAL BAGI BANGSA INDONESIA

Nasionalisme yang kuat memerlukan tiga syarat mutlak yang harus dimiliki oleh sebuah bangsa termasuk bangsa indonesia yaitu pemikiran permanen tentang nasionalisme dan landasan pemikiran serta pemahamannya terhadap sejarah nasionalismenya dan peranan TNI dalam nasionalisme kebangsaannya.

Sejarah dan peranan TNI yang bagaimana yang harus menjadi pemikiran yang permanen bagi kehidupan kebangsaan indonesia? Tentang sejarah yakni sejarah nasionalisme Indonesia dan perjuangannya sedangkan untuk peranan TNI adalah sejarah perjuangan dan pengabdian TNI yang mencerminkan adanya kerjasama TNI dengan rakyat sebagai kekuatan dan kemampuan.

Mayoritas Dalam Keadilan Sebagai Konsep Kebangsaan Indonesia. Dalam kehidupan kemajemukan dan pluralisme Indonesia memiliki pemahaman dan kesepakatan yang dinamakan mayoritas dan minoritas. Ini sudah ada semenjak berdirinya Indonesia yang diproklamasikan pada tahun 1945 sudah disepakati. Terlihat pada kegiatan penyusunan konsep dasar negara Pancasila tahun 1945.

Kesepakatan dicapai atas MAYORITAS DAN MINORITAS, bukan atas cerdas dan pandai kaya atau miskin kuat atau lemah.

Yang disebut mayoritas dalam keadilan adalah sebuah sikap hidup kebangsaan yang dilandasi oleh adanya kesepakatan dalam kehidupan atas Mayoritas, dalam menentukan mayoritas da berbagai macam cara namun bagi bangsa Indonesia yang sudah berlangsung harmonis dan aman adalah mayoritas ditentukan berdasarkan agama dan jumlah umatnya.

Didalam hubungan mayoritas dan minoritas ada tanggung jawab yang harus diemban masing masing, yang didasari pada sikap toleransi, tenggang rasa, dan kebersamaan. Siapa yang menjadi mayoritas di Indonesia yaitu Islam dan Muslim. Mengapa harus muslim karena muslim jumlah umat terbesar,  dan itu harus diakui sebagai takdir illahi dan Tuhan bukan keinginan manusia.

Berpikir permanen tentang  Tugas Pokok Dan Peran TNI.

Yang dimaksud dengan  Keberadaan dan peranan TNI.

71 Tahun Indonesia merdeka masih banyak diantara kita yang belum memahami keberadaan dan peranan TNI.  TNI tidak bisa disamakan dengan posisi militer dinegara lain, karena Tni memiliki keunikan dan keistimewaan bila dibandingkan dengan keberadaan dan peranan TNI di negara lain. Keunikan dan keistimewaan adalah TNI dibentuk bukan atas dasar konsep bernegara tetapi dibentuk atas dasar kebutuhan dan fungsinya.

Perjuangan dan pengabdian TNI.

TNI memiliki kemampuan yang tidak sama dengan militer di negara lain yakni nilai kejuangan dan Patriotisme. Dimana TNI bertugas bukan didorong atas kekuasaan atau kejayaan TNI saja tetapi TNI berjuang dan mengabdi atas didasari oleh kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

Oleh karena itu bila pemahaman ini menjadi pemikiran kebangsaan maka TNI dan Militer Indonesia akan kuat dan kokoh.

Kerjasama TNI Rakyat. Terlihat sederhana hanya kerjasama TNI rakyat namun dibalik dar imakna dan arti memiliki spirit kebangsaan yang hebat dan sangat dtakuti oleh bangsa lain termasuk Amerika dan Eropa.

Oleh karena itu mereka selalu berupaya untuk memisahkan TNI dan rakyat agar negara indonesia mudah digoyahkan dan dipengaruhi.

Sejarah Sebagai Perekat NKRI .

Memperkokoh persatuan kesatuan.   Semangat memantapkan persatuan dan kesatuan masyarakat bagi kehidupan masyarakat akan tenteram dan damai, tumbuhnya sikap saling menghormati dan bekerjasama. Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang kita rasakan saat ini, itu terjadi dalam proses yang dinamis dan berlangsung lama. Persatuan dan kesatuan bangsa terbentuk dari proses yang tumbuh dari unsur-unsur sosial budaya masyarakat Indonesia sendiri, yang dibentuk dalam jangka waktu yang lama. Memantapkan tali ikatan persaudaraan dan kebersamaan.

Prinsip ini mengharuskan kita mengakui bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama, dan adat kebiasaan yang majemuk.

Hal-hal yang berhubungan dengan arti dan makna persatuan Indonesia apabila dikaji lebih jauh, peranan pemahaman sejarah sangat penting karena dengan pengetahuan itu akan   menempatkan masyarakat dan kehidupannya dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi, serta pertahanan keamanan.

Karena masyarakat akan merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita pembangunan nasional. Maka dari itu tindakan radikal dan egois kedaerahan dapat dihindarkan,  serta permasalahan yang mengganggu persatuan kesatuan bangsa dapat dicegah secara dini.

KESIMPULAN

Dari Ulasan ini maka dapat kita simpulkan  bahwa nasionalisme sangat penting bagi kehidupan kebangsaan Indonesia. Suatu kelangsungsgan hidup bangsa akan ditentukan oleh pandangan nasionalisme bangsanya. Sedangkan terjamin dan tercapainya tujuan nasional ditentukan oleh sikap konsisten terhadap nasionalisme bangsa itu sendiri.

Sebuah bangsa yang kuat akan ditentukan oleh sikap dan pemahaman tentang nasionalismenya. Kekuatan nasionalisme yang kuat dari suatu bangsa sangat ditentukan bagaimana pemahaman bangsa Indonesia terhadap sejarah dan masa lalunya yang meliputi proses kehidupan dan  sejarah perjuangannya.

Mayoritas dalam keadilan, Bhineka Tunggal Ika, dan Pemikiran Permanen terhadap peranan dan tugas pokok TNI adalah bagian utama dari Nasionalisme Indonesia, dalam koridor Ideologi negara Indonesia Pancasila Dan UUD 1945 juga sejarah Nasionalisme Indonesia.

Tak ada gading yang tak retak  tak ada manusia yang sempurna, demikian tulisan ini jauh dari kata sempurna. Maka dari itu kami masih membutuhkan penambahan sebagai penyempurnaan tulisan ini.

Kami juga mengucapkan terima kasih atas dimuatnya tulisan ini dengan harapan semoga tulisan ini bermanfaat untuk memantapkan kehidupan bangsa dan menghadapi tantangang dan dinamika dalam perkembangan dan perjalanan bangsa indonesia kedepan yang lebih baik.

SALAM KEBANGSAAN INDONESIA !!!

NKRI HARGA MATI !!!!

MERAH PUTIH !!!

LEAVE A REPLY