Menjelang Ramadan, Pemerintah Gencar Melakukan Pengendalian Harga Sembako

Menjelang Ramadan, Pemerintah Gencar Melakukan Pengawasan Harga SembakoJakarta-JP : Menjelang Ramadan, pemerintah gencar melakukan pengawasan komoditas pokok guna menjaga stabilitas harga.

Kementerian Perdagangan (Kemdag), Kementerian Pertanian (Kemtan), Kepolisian beserta Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan guna mengantisipasi kecurangan pelaku usaha yang mengganggu stabilitas jelang bulan puasa.

Belum lama, pada Rabu (17/5), Satgas menangkap tiga tersangka dari PT Tunas Perkasa Indonesia (TPI) yang menimbun bawang putih impor selundupan sebanyak 182 ton di gudang Merunda, Jakarta Utara.

Sementara sehari pasca-penggerebekan itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita langsung mencabut Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) PT Tunas Perkasa Indonesia. Sejak awal Kemdag sudah meminta agar pengusaha dan importir bawang putih untuk mengeluarkan stoknya ke pasar guna menurunkan harga yang sempat melonjak.

Namun oknum yang tertangkap ini tetap saja melanggar. “Mereka tidak memenuhi imbauan kami untuk mengeluarkan bawang putih dari gudang. Mereka yang tidak keluarkan kami anggap penimbunan dan sekarang kami buktikan,” jelas Mendag.

Menurut Mendag, penangkapan jelang bulan puasa ini sebagai peringatan bagi pelaku usaha bahwa pemerintah selalu bertindak tegas pada setiap kecurangan yang dilakukan. “Jadi kami tidak main-main. Polisi sangat lengkap data dan pemantauannya,” tambahnya.

LEAVE A REPLY