Kalahkan Thailand, Indonesia Masuk TOP 5 Tujuan Wisata Wisman Perancis

IMG-3548975426Jurnalpatrolinews – Jakarta, Pariwisata Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dunia. Kali ini giliran dari negara Perancis, di mana Indonesia berhasil masuk dalam Top 5 destinasi wisata favorit turis Prancis 2017, mengungguli Thailand.

Daftar tersebut dirilis oleh Union Tour Operator Prancis (SETO). Indonesia disebut sebagai negara yang pas untuk berlibur pada musim panas. Adapun, persentasenya preferensi turis Prancis, yakni Bahama (99%), Indonesia (79%), Afrika Selatan (69%), Peru (51%), dan Myanmar (49%).

“Bagi Indonesia, musim panas tahun ini menjadi berkah tersendiri, mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Untuk bookingan di musim panas ini dari Mei, Indonesia mengalami peningkatan paling signifikan, sampai saat ini sudah ada kenaikan 38% dari tahun lalu. Terima kasih atas pengakuan SETO Perancis ini,” kata Deputi Pemasaran Mancanegara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana lewat keterangannya, Jumat (30/06/2017).

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan Prancis ke Indonesia justru berkebalikan dengan kondisi di negara tetangga, seperti Thailand yang turun 18% dan Vietnam yang turun 27%.

Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Amerika, Timur Tengah Nia Niscaya menambahkan, Indonesia juga mengalahkan Thailand dari sisi outbound traveler dari Prancis.

“Ini berdasarkan data konfirmasi dari pemesanan paket tur dengan French Tour Operators, dan belum termasuk kenaikan oleh tamu yang booking langsung via Internet [backpackers] atau yang berangkat di saat-saat terakhir,” katanya.

Menurutnya capaian tersebut memuaskan mengingat Thailand memiliki keunggulan kompetitif untuk wilayah Asia Tenggara. Itu sebabnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya selama ini menjadikan Thailand sebagai benchmark profesional.

“Thailand juga jauh lebih murah paket-paketnya daripada ke Indonesia. Tapi kita berhasil meyakinkan bahwa yang mahal dan luxury di Indonesia itu memang mendapatkan value yang jauh lebih besar. Ini adalah kelebihan dari aktivitas marketing,” tambah Nia. (bisnis.com)

LEAVE A REPLY