Bupati Batola Minta Digelar Lomba Kebersihan Antar Desa

04-syukuran3-3Jurnalpatrolinews – Marahaban, Dalam upaya membudayakan masyarakat hidup bersih, sehat, dan indah, Bupati Barito Kuala (Batola) H Hasanuddin Murad meminta SKPD terkait agar melaksanakan lomba kebersihan antardesa setiap tahunnya.

Gagasan yang disampaikan Hasan –panggilan Hasanuddin Murad– ini selain upaya merubah perilaku masyarakat juga dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan piala Adipura yang diraih Batola.

“Dalam perjalanan tadi saya berpikir bagaimana upaya mempertahankan prestasi yang kita raih di bidang pengelolaan kebersihan ini,” katanya saat menghadiri syukuran atas diraihnya Piala Adipura di lokasi TPA Tebing Rimbang Kecamatan Mandastana, Kamis (10/08).

Mantan anggota DPRRI itu menginginkan keterlibatan lintas SKPD, camat di 17 kecamatan, serta kades dalam pelaksanaan lomba kebersihan tersebut.

“Kalau perlu nanti kita akan melakukan dialog untuk memformulasikan bentuk lomba yang dilaksanakan setiap tahun agar kebersihan dan keindahan lingkungan tersebut menjadi kebiasaan bukan saja masyarakat di kota namun juga desa,” tambahnya.

Bagi yang menang, akan diberi reward atau yang berhasil menjaga dan memanfaatkan kebersihan maka desa tersebut akan dibangunkan apa dan sebagainya.

“Saya kira cara ini memberi manfaat efektif dilaksanakan sekaligus untuk merubah karakter mereka dalam membiasakan hidup bersih dan sehat,” katanya.

Hasan yakin gagasannya itu akan mendapat respons masyarakat. Lebih-lebih kondisi lahan di Batola kebanyakan masih kosong sehingga memudahkan dalam pembentukan dan penataan. Berbeda dengan kawasan perkotaan yang sangat sulit ditata dan dibersihkan lantaran sudah penuh dan memerlukan biaya mahal. (v7.baritokualakab)

LEAVE A REPLY