Juara Dunia Acro Paralayang, Hari Ini mulai Melatih Pilot Indonesia

Theo De Blic (Tengah)
Theo De Blic (Tengah)

JurnalPatroliNews-Manado – Juara dunia Paragliding Acrobatic2017, Theo De Blic asal Perancis, mulai pagi ini memberikan pelatihan Simulate Incident De Vol (SIV) atau Simulasi Insiden dalam penerbangan Paralayang.

Pelaksananya Kawanua Paragliding Club (KPC), didukung Manado Skyline/Wenny Lumentut, FASIDA Sulut, PGPI, dan Kemenpora.

Franky Kowaas, ketua pelaksana Indonesia SIV and Acro Course 2017 mengatakan, kedatangan juara dunia ke Manado Skyline, sudah yang kedua kalinya.

“Yang pertama, Francois Raqolsky, asal Perancis juga, juara dunia 2016, pada akhir tahun lalu,” kata Kowaas.

Sekitar 40 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk beberapa atlit Pelatnas Paralayang yang baru saja dikukuhkan sebagai Juara Dunia Paralayang 2017 nomor Ketepatan Mendarat di Slovenia.

“Diharapkan pelaksanaan pelatihan ini dapat meningkatkan skill dan kemampuan terbang pilot Indonesia, lebih khusus di Sulawesi Utara,” ujar Wenny Lunentut, owner Manado Skyline, yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut.

Sebelum pelatihan dilakukan, Theo De Blic memperagakan berbagai manuver acrobatic ditas puncak Manado Skyline, disaksikan Kapolda Sulut, Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, serta ribuan pengunjung.

Pelatihan akan dilakukan mulai 29 Sept-8 Okt 2017, di Manado Skyline Tetempangan Hills Flying Site, Desa Koha, Minahasa.

Secara terpisah, Ketua Paralayang Indonesia, Wahyu Yudha mengapresiasi kegiatan yang diprakarsai Kawanua Paragliding Club dan Manado Skyline ini.

“Pelatihan pelatihan seperti ini, sangat membantu meningkatkan kualaitas pilot paralayang Indonesia. Salute kepada KPC, yang untuk kedua kalinya lakukan kursus SIV,” kata Wahyu.

Theo De Blic sendiri, saat diwawancarai Jurnalpatrolinews.com, mengatakan akan membagi ilmu terbang paralayang yang dia miliki kepada para peserta kursus.

“Saya rasa, peserta memiliki kemampuan untuk melaksanakan beberapa manuver,” ujarnya, seraya mengakatan selamat kepada Indonesia yang baru saja menjadi juara dunia ketepatan mendarat. (rds)

LEAVE A REPLY