Bawas MA Kaji Laporan Dugaan Pelanggaran Hakim Praperadilan Setya Novanto

Bawas MA Kaji Laporan Dugaan Pelanggaran Hakim Praperadilan Setya NovantoJurnalpatrolinews.com-JPMahkamah Agung (MA) memastikan bakal mengkaji laporan dari Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi terhadap hakim Pengadilan Negeri Jaksel Cepi Iskandar, selaku hakim tunggal yang memeriksa dan mengadili perkara praperadilan Ketua DPR Setya Novanto melawan KPK.

Kabiro Hukum dan Humas MA Abdullah mengatakan, sesuai mekanisme yang berlaku, pelaporan dari masyarakat yang disertai dengan bukti-bukti bakal dikaji oleh Badan Pengawas (Bawas) MA, apakah hakim Cepi melakukan pelanggaran hukum acara sebagaimana yang dituduhkan.

Sekalipun begitu, Abdullah tidak bisa memastikan, berapa lama batas waktu yang dimiliki Bawas untuk melakukan kajian. Alasannya, hal tersebut sangat berkaitan dengan bukti-bukti yang dimiliki pelapor.

“Mengenai waktu sangat relatif, sangat tergantung dari kualitas laporannya. Saya juga perlu klarifikasi ke Bawas,” kata Abdullah, di Jakarta, Jumat (6/10).

Pihak pelapor berharap, Bawas MA segera memanggil Cepi sekaligus memeriksa pertimbangan-pertimbangan dalam putusan yang menyatakan penetapan tersangka Setya Novanto oleh KPK dalam perkara korupsi proyek e-KTP (KTP Elektronik) tidak sah.

Sebelumnya Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, yang tergabung dalam koalisi menyebut, sedikitnya ada tujuh kejanggalan selama proses persidangan praperadilan yang perlu diperhatikan MA.

Dirinya bahkan menilai, sepatutnya MA proaktif melakukan pemeriksaan mengingat, perkara praperadilan yang diadili Cepi disorot publik karena berkaitan dengan perkara korupsi proyek e-KTP yang merugikan keuangan negara mencapai Rp 2,3 triliun.

“Kami berharap MA segera menindaklanjuti laporan ini dan memeriksa hakim Cepi,” kata Kurnia.

LEAVE A REPLY