KPK Bidik Tersangka Baru dari Sektor Swasta di Korupsi E-KTP

KPK Bidik Tersangka Baru dari Sektor Swasta di Korupsi E-KTPJakarta-JPTersangka kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP Anang Sugiana Sudihardjo dijadwalkan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pemeriksaan menjadi yang pertama sejak Anang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang merugikan negara hingga Rp2,9 triliun itu.

“Yang bersangkutan akan diperiksa dengan status tersangka,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah, Jumat, 6 Oktober 2017.

Bersama Anang akan diperiksa pula sejumlah saksi, satu di antaranya Komisaris PT Softorb Technology Indonesia Mudji Rachmat Kurniawan. Mudji pernah dipanggil pada 5 Oktober, tapi dia tak memenuhi undangan KPK.

Selain Mudji, saksi lain yang dipanggil KPK antara lain; Yu Bang Tjhiu alias Mony, Endra Raharja Masagung, dan Santoso Kartono. Ketiganya diketahui berasal dari pihak swasta.

Anang, Dirut PT Quadra Solutions, menjadi tersangka terbaru dalam kasus e-KTP. Dia menyusul Irman dan Sugiharto dari Kemendagri. Keduanya bahkan telah divonis bersalah. Irman dihukum 7 tahun penjara dan Sugiharto 5 tahun penjara.

Sementara itu, dari pihak swasta KPK menetapkan Andi Agustinus alias Andi Narogong sebagai tersangka. Andi disebut-sebut sebagai salah satu otak proyek senilai Rp5,9 triliun itu. Proses hukum Andi saat ini tengah berjalan di pengadilan.

LEAVE A REPLY