Bosen Suasana di Kota?! Mampir ke Kampung Sindang Barang

Kampung-Budaya-Sindangbarang-2JurnalPatroliNews BOGOR – Kampung Sindang Barang berlokasi di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor, Jawa Barat, Sekitar 5 km dari Kota Bogor. Sebagai tempat bermulanya Kerajaan Sunda Bogor, di kampung ini masih dilestarikan berbagai adat dan kesenian yang masih terus dilestarikan hingga kini, salah satunya upacara adat Seren Taun, yaitu upacara untuk mengungkapkan rasa syukur atas panen dan hasil bumi setempat.

Kampung Sindang Barang diyakini sudah ada sejak abad ke-XII. Menurut latar belakang sejarahnya, terpapar dalam Babat Pajajaran dan tertulis juga dalam pantun Bogor, Sindang Barang diyakini sebagai kerajaan bawahan Prabu Siliwangi dengan Kutabarang sebagai ibukotanya. Selain itu, Sindang Barang adalah keraton tempat tinggal salah satu isteri dari prabu Siliwangi yang bernama Dewi Kentring Manik Mayang Sunda. Berlatar sejarah tersebut, kini Sindang Barang menjelma menjadi kampung budaya yang bertekad meneruskan kearifan lokal dari akar tradisi leluhur mereka.

Kampung Budaya Sindangbarang ini ditujukan buat generasi muda untuk belajar dan mengenal budaya Sunda. Suasana dan arsitektur bangunan dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan suasana pada masa lampau. Berbagai bangunan tersebut antara lain imah gedeleuit atau lumbung padi, bale pasanggrahan dan bale pertitaanImah Gede yaitu rumah besar yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul dan bermusyarawah masyarakat dengan tetua adat dan para kokolotKokolot adalah mereka yang dianggap sebagai sesepuh adat Kampung Sindang Barang. Bale Pesanggerahan biasa digunakan sebagai tempat menginap para tamu kehormatan Bale pertirtaan biasanya digunakan sebagai tempat untuk menjamu para tamu yang baru datang. Meski demikian, tidak jarang bangunan yang lebih mirip pendopo ini juga digunakan sebagai tempat pameran dan berbagai acara internal tamu yang datang.

Jika Anda punya minat yang besar untuk mengetahui kebudayaan asli Sunda, Kampung Budaya Sindang Barang bisa jadi pilihan destinasi wisata yang tepat bagi Anda. Wisata budaya di Kampung ini pun cocok bagi anak-anak, karena di sana Anda dan anak-anak dapat belajar banyak hal mengenai Budaya Sunda, melihat pertunjukkan dan atraksi khas Sunda dan tentunya menikmati keindahan alam Bogor yang masih asri. dai

LEAVE A REPLY