Presiden Minta Usaha Food Truck Dikembangkan

Jokowi-mengunjungi-foof-truck-dan-melihat-anak-anak-muda-sedang-bercengkeramaJurnalPatroliNews BOGOR – Presiden Joko Widodo mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan gerai makanan-minuman menggunakan kendaraan modifikasi atau food truck.

Ada sekitar 7 food truck, yang ikut dihadirkan pada peringatan Sumpah Pemuda di Istana Bogor, Sabtu pagi 28 Oktober 2017. Presiden Joko Widodo sempat berdiskusi dengan sejumlah pemiliknya.

Harganya memang masih terbilang mahal. Yakni untuk satu mobil yang disulap menjadi food truck saja, bisa menghabiskan dana hingga Rp500 juta. Namun menurutnya, konsepnya seharusnya sudah seperti ini. Tetapi pemerintah daerah bisa saja membantu Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di wilayahnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan food truck bisa memberikan nilai tambah bagi produk melalui peningkatan kualitas dan layanan.

“Yang paling penting itu, higienis dan dilihat levelnya naik lah. UMKM kita harusnya dibantu begini,” ujar Presiden.

Selain itu, dalam merayakan Hari Sumpah Pemuda, pihak Istana juga mengundang atlet berprestasi di cabang badminton, serta komunitas-komunitas yang dibangun oleh pemuda pemudi Indonesia yang berprestasi antara lain menampilkan modifikasi sepeda motor, sepatu dan topi lukis, komunitas papan seluncur atau “skateboard” serta beberapa UMKM yang memamerkan produk pakaian dan tas.

Dalam acara itu, Presiden juga melakukan diskusi langsung bersama para pemuda yang memiliki kegiatan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat di daerah masing-masing di bidang pendidikan dan lingkungan. dai

LEAVE A REPLY