98,23% Karyawan Total E&P Gabung ke Pertamina Hulu Mahakam

total-masih-gantung-tawaran-pertamina-gabung-di-blok-mahakam-rZSJurnalPatroliNews – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), anak usaha Pertamina, akan mulai mengambil alih pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur, per 1 Januari 2018. Saat ini Blok Mahakam dikelola oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Total E&P Indonesie (TEPI) dan Inpex Corporation yang akan berakhir kontraknya pada 31 Desember 2017.

Sebanyak 98,23% karyawan Total E&P Indonesie yang sebelumnya terlibat dalam operasi ladang minyak dan gas Blok Mahakam di Kalimantan Timur memastikan bergabung dengan PT Pertamina Hulu Indonesia per 25 Oktober 2017 lalu.

Dengan demikian, ada sebanyak 1.885 orang karyawan Total Indonesie di Blok Mahakam bergabung dengan PT Pertamina Hulu Indonesia dari total jumlah karyawan sebanyak 1.919 orang.

Adapun sisanya sekitar dua persen atau 34 orang tak ikut bergabung. Bambang mengatakan dua persen tersebut tak bergabung dengan berbagai alasan, yakni ada yang merupakan usia pensiun, menjaga keluarga dengan modal pensiun, dan juga memilih menjalankan usaha sendiri.

Sebagaimana diketahui, mulai 1 Januari 2018, PT PHM menjadi pengelola ladang minyak dan gas di Blok Mahakam, menggantikan Total E&P Indonesia yang sudah mengelola sejak 1967. Kendati demikian, Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan Total E&P Indonesia diperbolehkan memiliki saham maksimal 39 persen di blok tersebut. (dai)

LEAVE A REPLY