Awasi Dana Desa, Pemkab Karawang MoU Pendampingan Bersama Polisi dan Jaksa

krwngJurnalPatroliNews-Karawang : Mengantisipasi penyelewengan anggaran pembangunan infrastruktur desa di Kabupaten Karawang Jawa Barat, pemerintah setempat di aula Husni Hamid Karawang menggelar kesepakatan bersama dengan Polres dan Kejaksaan setempat menyoal penanganan permasalahan dana desa, Kamis( 9/11).

Melalui agenda ini, Bupati Karawang dr.Hj. Cellica Nurachadiana menyebut, pembangunan dilakukan pemerintahannya dilaksanakan dari desa ke kota hingga selesai.

“Saya harap tidak terjadi lagi temuan kasus keuangan desa, swakelola dana desa agar melibatkan masyarakat desa, dan jangan libatkan campur tangan pemborong. APBD bukan untuk jalan desa, melainkan untuk poros desa atau kecamatan, tandas Cellica.

Dalam pertemuan ini, Kapolres Karawang AKBP Ade Ary Syam Indradi berujar, jika penegakkan hukum merupakan upaya preventif, dan menurutnya, selain unsur perbuatan kesengajaan dilakukan oleh Kepala desa, penegakan hukum  tak akan diproses dulu.

Menutup kegiatan ini, Ketua Pengadilan Negeri Karawang Surachmat menyarankan, pihak inspektorat untuk aktif mengawasi persoalan administrasi keuangan desa, katanya.

Sementara Kepala DPMPD Karawang Ade Sudiana menyebut, kegiatan ini untuk terwujudnya pengelolaan dana desa efektif dan akuntable.

Hadir dalam pertemuan ini, Unsur Muspida Karawang, TNI dan Polri, Camat serta Kades se Kabupaten Karawang. (Pri)

LEAVE A REPLY