Sandiaga Uno, Pendemo UMP Besok Di Balkot Sebaiknya Hadirkan Atraksi Budaya

sandiagaaJurnalpatrolinews-Jakarta, Tuntutan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2018 sebesar Rp 3.648.035. Menjadi agenda Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang akan melakukan aksi demo di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (10/11), besok. Menurutnya Nominal tersebut dinilai tidak sesuai dengan perjanjian Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang sekitar Rp 4 juta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mempersilakan dan mengingatkan agar para buruh meminta izin kepolisian terlebih dahulu. Sandi menitip pesan kepada para buruh yang melakukan demo besok, tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Bahkan dirinya meminta para pendemo menghadirkan atraksi-atraksi budaya untuk menghibur warga yang melintas.

“Atraksi-atraksi budaya nanti bisa dihadirkan semoga bisa menghibur warga dan tidak mengakibatkan ketidak tertiban,” ujar Sandi di RS Siloam, Karawaci, Tanggerang, Kamis (9/11). Selain itu, Sandiaga menyarankan agar para buruh bershalawat bukan malah melakukan orasi. “Ya dipercantik dengan shalawat-shalawat dan siraman-siraman rohani dari religiusitas seperti bagaimana mengajarkan para perusahaan itu membayar hak-hak pekerja sebelum keringatnya kering seperti itu jadi itu yang harus diingatkan,” jelas Sandi.

Sandi menjelaskan UMP yang tidak sesuai dengan harapan para buruh karena melihat pertumbuhan ekonomi yang kurang baik saat ini dan mengacu dari dewan pengupahan yang sesuai dengan survei kebutuhan hidup layak yang saat ini rendah. “Karena ekonomi kita dalam keadaan yang penuh tantangan jadi tetap kita naikin cukup signifikan kita kompensasi dengan turunnya biaya hidup mereka, belanja sehari-sehari mereka kita turunkan dengan satu PD Pasar Jaya dan untuk transportasi dengan transjakarta,” tutup Sandi.(Luk*)

LEAVE A REPLY