KSAD Resmikan Prasasti Presiden Soekarno

bung-karnoJurnalPatroliNews MAGELANG – Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono meresmikan prasasti tulisan tangan Presiden pertama RI Soekarno di Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

“Selaku Kepala Staf Angkatan Darat, saya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua Ikatan Akademi Militer yang telah merencanakan kegiatan ini,” katanya di Magelang, Sabtu (11/11/2017)

Tulisan tangan Presiden pertama RI tersebut tercantum dalam peresmian pembukaan kembali Akademi Militer 1957.

Sejarah Akademi Militer dimulai dari didirikannya Militaire Academie (MA) Yogyakarta pada 31 Oktober 1945, atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo. Namun, pada 1950 setelah meluluskan dua angkatan, karena alasan teknis MA Yogyakarta ditutup. Taruna angkatan ketiga pun menuntaskan pendidikan di KMA Breda, Belanda.

Pada tanggal 1 Januari 1951 di Bandung didirikan SPGi AD (Sekolah Perwira Genie Angkatan Darat), dan pada tanggal 23 September 1956 berubah menjadi ATEKAD (Akademi Teknik Angkatan Darat). Sementara itu pula pada tanggal 13 Januari 1951 didirikan pula P3AD (Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat) di Bandung. Mengingat pada saat itu banyak sekolah perwira TNI AD, maka muncul gagasan dari pimpinan TNI AD untuk mendirikan suatu Akademi Militer.

Setelah melalui berbagai proses, maka pada tanggal 11 November 1957 pukul 11.00 WIB, Presiden RI Ir Sukarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, meresmikan pembukaan kembali Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang. Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna masukan tahun 1957 ini dinyatakan sebagai Taruna AMN angkatan ke-4. (dai)

LEAVE A REPLY