Patung Hitler di Yogjakarta Dikecam Warga Dunia

41326069_401JurnalPatroliNews YOGJAKARTA – De Arca Statue Museum yang ada di Yogyakarta memicu kecaman dunia karena memajang patung Adolf Hitler dengan latar belakang kamp konsentrasi Auschwitz dalam pamerannya. Berbagai media-media internasional menyoroti pameran yang dianggap tidak menghormati korban Nazi.

Human Rights Watch mengecam pameran patung Hitler di museum tersebut menyebutnya memuakkan. Simon Wiesenthal Center yang berbasis di Los Angeles, yang melakukan kampanye melawan penyangkalan Holocaust dan antisemit meminta agar patung Hitler segera disingkirkan dan menyebutnya salah memajang patung tersebut.

Manajer operasi museum, Jamie Misbah, pada hari Sabtu (11/11/2017) mengonfirmasi penghapusan patung Hitler tersebut. Keputusan itu diambil setelah pihak museum menerima protes dari organisasi Yahudi terkemuka di AS, Simon Wiesenthal Center.

Patung Hitler adalah satu dari sekitar 80 tokoh, termasuk para pemimpin dunia yang lain dan para selebriti. Patung itu dibuat dengan efek visual dan lilin.

Protes tak hanya datang dari organisasi Yahudi AS, tapi juga dari kelompok HAM, Human Right Watch. Komplain muncul setelah foto selfie bocah-bocah dengan patung hitler beredar secara online. (dai)

LEAVE A REPLY