KPK Kembali Panggil Setnov Untuk Ketiga Kalinya

setnov-tersangka-lagi-696x346JurnalPatroliNews JAKARTA – Usai menetapkan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka kasus e-KTP, KPK akan kembali memanggilnya untuk diperiksa. Pemeriksaan Novanto sebagai saksi untuk Anang Sugiana Sudihardjo, akan dilakukan Senin (13/11).

“Iya besok diagendakan pemeriksaan sebagai saksi untuk tersangka ASS,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

Menurut Febri, surat pemanggilan juga sudah dilayangkan KPK kepada Novanto. Adapun pemanggilan Novanto sebagai saksi untuk Anang tersebut dibutuhkan pasca penahanan terhadap Anang beberapa hari lalu.

Anang ditetapkan menjadi tersangka pada (27/10) lalu dan telah diperiksa sebagai tersangka pada (6/10). Anang juga diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lain sebanyak 10 kali.

Anang Sugiana adalah tersangka kelima dalam kasus korupsi KTP-el setelah Irman, Sugiharto, Andi Narogong, dan Markus Nari. Atas perbuatannya, Anang disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) subsider Pasal 3 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat(1) ke-1  KUHPidana.

Kuasa hukum Setnov, Fredrich Yunadi mengamini pihaknya telah menerima surat dari penyidik KPK. Namun dia belum bisa memastikan apakah kliennya tersebut akan memenuhi panggilan ketiga sebagai saksi untuk Anang.

Dengan demikan ini merupakan panggilan ketiga Setnov sebagai saksi untuk penyidikan Anang. Pada panggilan pertama, Setnov mangkir karena urusan tugas ke daerah. Pada panggilan kedua, dia kembali tak hadir dengan alasan KPK belum mendapat izin Presiden Joko Widodo.

Pada Jumat (10/11) lalu, KPK resmi mengumumkan penetapan tersangka Setnov dalam kasus korupsi e-KTP yang ditaksir merugikan negara hingga Rp2,3 triliun. Ini merupakan kedua kalinya mantan Ketua Fraksi Golkar ditetapkan tersangka.

Setya Novanto bersama tim kuasa hukum saat ini masih mempelajari surat dari KPK soal penetapan tersangka kasus korupsi pengadaan proyek e-KTP. (dai)

LEAVE A REPLY