Komandan Korps Marinir Resmikan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan

13OKJPNews – TNI, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M.Tr (Han), meresmikan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XIII Tarakan, di lapangan Apel Yonmarhanlan XIII Jl. Binalatung, Kelurahan Amal, Tarakan, Kalimantan Utara. Jumat, (10/11/2017).

Selain meresmikan Yonmarhanlan XIII Tarakan, Komandan Korps Marinir juga mengukuhkan Letkol Marinir Aminuddin, M.Tr Hanla sebagai Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir-6 Antralina di Sukabumi.

Dalam amanatnya, Komandan Korps Marinir mengatakan peresmian Yonmarhanlan XIII Tarakan dan pengukuhan Danyonmarhanlan XIII Tarakan merupakan realisasi pengembangan dan validasi organisasi Korps Marinir dalam rangka membangun kekuatan pertahanan sesuai postur dan Esential Force (EF) TNI Angkatan Laut. Walau dihadapkan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya terpenuhi, akan tetapi mengingat kebutuhan organisasi agar tugas dan peranan TNI AL khususnya Lantamal XIII Tarakan dapat lebih optimal dalam menjaga keutuhan kedaulatan Negara Indonesia dari segala gangguan dan ancaman, maka keberadaan Yonmarhanlan XIII Tarakan sangat dibutuhkan kehadirannya sesuai tugas pokoknya untuk menyelenggarakan pertahanan pangkalan TNI Angkatan Laut serta melaksanakan tugas-tugas lain dalam rangka mendukung tugas Lantamal XIII Tarakan.

“Secara geografis kota Tarakan yang terletak di Kalimantan Utara merupakan wilayah Indonesia yang sangat dekat dengan perbatasan Malaysia dan jalur ALKI II yang berada di alur selat Makassar, sehingga sangat rawan akan terjadinya tindakan pelanggaran dan ancaman kedaulatan bangsa Indonesia seperti halnya yang terjadi di perairan Ambalat. Maka diharapkan, dengan diresmikannya Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan dapat memberikan efek deterrent dari segala bentuk gangguan dan ancaman terhadap keutuhan wilayah NKRI khususnya di wilayah Kalimantan Utara dan sekitarnya”, tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan, Yonmarhanlan XIII Tarakan yang merupakan Satuan pelaksana Pasmar-1 yang di BKO kan ke Lantamal XIII Tarakan, dituntut memiliki kesiapsiagaan operasi yang tinggi, sehingga setiap tugas operasi yang diberikan oleh Lantamal senantiasa dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan tersebut, Dankormar menyampaikan ucapan selamat kepada Letkol Marinir Aminuddin atas kepercayaan pimpinan sebagai Danyonmarhanlan XIII Tarakan. Kepada Ny. Rovi Rohmania Aminuddin, orang nomor satu di Korps Marinir itu menyampaikan ucapan selamat, semoga dapat mencurahkan waktu dan perhatian untuk mendukung tugas suami, khususnya dalam membina Jalasenastri dan keluarga besar prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan.

Ucapan selamat atas peresmian Yonmarhanlan XIII juga disampaikan kepada seluruh prajurit Yonmarhanlan XIII Tarakan, dengan harapan agar segera menyesuaikan diri dan mengenali lingkungan sekitar serta melaksanakan tugas dan fungsi sebagai pengawak Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan sesuai yang telah diamanahkan Negara dan Bangsa.

Diakhir amanatnya, Dankormar menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Danlantamal XIII Tarakan dan jajaran Pemda Kalimantan Utara serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan baik berupa moril maupun materil mulai dari penyiapan hingga terlaksananya acara peresmian dan pengukuhan Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII Tarakan.

Pada peresmian Yonmarhanlan XIII Tarakan ini, juga dilaksanakan demontrasi ketangkasan prajurit yaitu demontrasi bela diri militer dan terjun payung yang dilaksanakan oleh prajurit Yontaifib-1 Mar.

Hadir dalam peresmian tersebut, Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni, Danpasmar-1 Brigjen TNI (Mar) Lukman, S.T., M.Si (Han), Aspers Dankormar Kolonel Marinir Endang Taryo, S.E, Wadan Pasmar-1 Kolonel Marinir Siswoto, Wadan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir M. Nadir, Danlanmar Surabaya Kolonel Marinir Mauriadi, para Asisten Danlantamal XIII Tarakan, Aslog Danpasmar-1 Kolonel Marinir Budiarso, Asrena Danpasmar-1 Kolonel Marinir Ruslan Arief, S.E, Kadis Infolahta Kormar, Danyon Raider 613/Rja, Kapolres Tarakan, Ka Den C Pelopor Brimob Tarakan, Walikota Tarakan, Ka BNN Tarakan, Camat Tarakan Timur, Lurah Pantai Amal Tarakan dan Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama Tarakan Timur.

LEAVE A REPLY