China Kembangkan Senjata Berteknologi Hipersonik

Ini Senjata Tercanggih Militer China Dan Rusia Yang Ditakuti ASJurnalPatroliNews BEIJING – China memulai persiapan dari awal untuk menguji coba senjata hipersonik yang bisa mencapai wilayah Amerika Serikat (AS) dalam waktu 14 menit bahkan kurang. Persiapan ini dimulai dengan membangun terowongan angin (wind tunnel) tercepat di dunia.

Wind tunnel merupakan alat yang biasa digunakan dalam penelitian aerodinamik untuk mempelajari efek pergerakan udara melewati objek solid. Wind tunnel biasanya berbentuk sebuah pipa atau terowongan panjang dengan objek yang diuji coba berada di tengah-tengahnya.

Pembangunan terowongan itu diperkirakan selesai dalam waktu tiga tahun.

Para peneliti mengatakan pembangunan terowongan itu akan mempercepat pengembangan senjata hipersonik dan mengurangi kesalahan teknologi.

Harian South China Morning Post mengabarkan, terowongan itu akan memuat sebuah ruang uji coba yang bisa dimasuki pesawat dengan panjang sayap hingga tiga meter.

Zhao Wei, ilmuwan senior yang mengerjakan proyek tersebut, mengatakan bahwa para periset akan meledakkan beberapa tabung berisi campuran gas oksigen, hidrogen dan nitrogen untuk menciptakan gelombang kejut yang akan disalurkan ke ruang uji melalui tabung logam.

Reaksi itu akan menghasilkan aliran udara berkecepatan tinggi dan panas yang ekstrem. Pesawat yang diuji harus tahan terhadap suhu 7.727 derajat celcius.

Untuk perlindungan, periset sedang membahas ”bahan khusus”. ”Ini akan meningkatkan penerapan teknik teknologi hipersonik, terutama di sektor militer, dengan menduplikat lingkungan penerbangan hipersonik yang ekstrem, sehingga masalah dapat ditemukan dan dipecahkan di lapangan,” kata Wei kepada South China Morning Post, Kamis (16/11/2017).

Para peneliti menargetkan untuk menguji penerbangan hipersonik yang mampu membawa senjata di dalam wind tunnel itu pada tahun 2020 mendatang. Pengujian akan dilakukan pada kecepatan hingga 12 kilometer per detik, atau 26.843 mil per jam, atau 43.199 kilometer per jam. (dai)

LEAVE A REPLY