USS South Dakota, Kapal Selam Baru yang Mematikan

160830000921-uss-illinois-ssn-786JurnalPatroliNews – Selama bertahun-tahun, Amerika Serikat terus menjaga kemajuan teknologi kapal selam yang mereka rancang. Namun, perkembangan dari Rusia dan China menimbulkan ancaman superioritas AS di bawah laut.

Angkatan Laut AS (US Navy) pada Sabtu 14 Oktober lalu baru saja membaptis kapal selam nuklir kelas Virginia dalam sebuah upacara di General Dynamics Electric Boat Shipyard di Groton, Connecticut.

Kapal selam baru bernama USS South Dakota itu merupakan kapal selam penyerang kelas Virginia ke-17. Menurut Kris Osborn, South Dakota adalah kapal selam nuklir berteknologi paling maju yang pernah dikembangkan Angkatan Laut AS. Kapal ini disebut – sebut memiliki sejumlah inovasi teknologi, termasuk peredam suara mesin, lambung yang dilapisi bahan tertentu sehingga lebih kuat dan tahan lama.

Dengan biaya produksi yang ditaksir mencapai USD 2,7 Miliar (Rp 36,5 Triliun), USS South Dakota merupakan kapal selam tempur dilengkapi dua senjata utama, yaitu misil balistik dan misil jelajah.

Kapal selam sepanjang 110 m ini dijadwalkan masuk ke dalam armada Angkatan Laut AS pada Agustus 2018. Ke depannya, mereka berencana untuk melakukan peningkatan pada seluruh kapal selam kelas Virginia, terutama USS South Dakota, sembari mengembangkan kapal selam kelas Columbia yang memiliki senjata nuklir.

Hingga September lalu Angkatan Laut AS telah menerima 15 kapal jenis ini. Dua terakhir yang datang adalah USS Washington (SSN-787) dan USS Colorado (SSN-788). Sesuai rencana, Angkatan Laut AS akan menambah jumlah kapal selam kelas ini hingga total 51 kapal. (dai)

LEAVE A REPLY