Nasihat Jokowi Untuk Kahiyang dan Bobby

Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu (kedua kanan) bersama suaminya Bobby Afif Nasution mengikuti ritual adat "Mangalo-alo Mora" pada ngunduh mantu resepsi pernikahannya di Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11). Mangalo-alo Mora merupakan salah satu rangkaian prosesi adat Batak Mandailing dalam rangkaian acara ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution. ANTARA FOTO/Septianda Perdana/foc/17.

JurnalPatroliNews – Presiden Joko Widodo memberikan sejumlah nasihat untuk putrinya Kahiyang Ayu yang telah menikah dengan Bobby Nasution, dalam pesta adat yang diadakan di Medan, Sumatera Utara, Sabtu (25/11).

Jokowi mengawali nasihatnya dengan meminta agar sang putri Kahiyang dan suaminya Bobby selalu melimpahkan suasana kasih sayang.

“Kita diajarkan holong do maroban domu, domu maroban parsaulian. Kasih sayang membawa persatuan, persatuan membawa kebaikan bersama,” ujar Jokowi mengutip peribahasa dalam bahasa Batak Mandailing.

Lalu, lanjut Jokowi, dirinya meminta Kahiyang dan Bobby mengamalkan sejumlah hal.

“Pantun hangoluan, teas hamatean. Untuk hidup bahagia harus menjaga sopan santun. Jika tidak menjaga sopan santun, malapetaka akan datang,” kata Jokowi.

“Yang kedua, suan tobu di bibir, dohot di ate-ate. Manis bukan hanya di mulut, tetapi juga di hati. Kebaikan yang dikatakan juga kebaikan yang dilakukan dengan sepenuh hati,” sambungnya.

Selanjutnya, Jokowi mengataka, tangi di siluluton, inte di siriaon. Artinya, jika ada kemalangan, walaupun tidak diundang, wajib berupaya untuk datang dan menolong. “Namun, jika ada kegembiraan, kita hanya wajib datang kalau diundang,” ujarnya.

“Yang keempat, bahat disabur sabi, anso adong salongon. Kalau kita banyak menanam, kita akan banyak memetik hasilnya. Artinya, banyak-banyaklah berbuat kebaikan, agar Ananda memetik kebahagiaan,” ujar Jokowi lagi.

Jokowi lalu menutup nasihatnya dengan mengucapkan horas sebanyak tiga kali yang disambut para tamu undangan.

Usai sesi nasihat dari orang tua, Bobby mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan nasihat, termasuk kepada para raja adat Batak yang telah memberikan gelar kepada ia dan Kahiyang Ayu boru Siregar.

Pasca ajar poda, Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu melakukan sungkeman kepada para orang tua mereka yang sekaligus akhir dari prosesi adat Sabtu.

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan melangsungkan resepsi pada Minggu. (dai)

LEAVE A REPLY