Sarasehan Alumni PCTA Kaltim Ajang Pembinaan Bela Negara

qw3Samarinda – Kesadaran bela negara merupakan satu hal yang esensial dan harus dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia (WNI), sebagai wujud penunaian hak dan kewajibannya dalam upaya bela negara. Kesadaran bela negara menjadi modal dasar sekaligus kekuatan bangsa, dalam rangka menjaga keutuhan, kedaulatan serta kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia.

Penting bagi kita untuk semakin memahami arti sebuah pertahanan negara. Pertahanan negara pada hakikatnya adalah pertahanan negara yang bersifat semesta, yang penyelenggaraannya didasarkan pada kesadaran terhadap hak dan kewajiban seluruh warga negara serta keyakinan akan kekuatan sendiri.

qw2Pejabat PTP Kemhan Kaltim Brigjen Rukman Ahmad dalam sambutannya pada kegiatan Sarasehan Pembinaan Bela Negara Alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA) mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pada triwulan ke IV diseluruh provinsi di Indonesia.

“Kemudian, kegiatan ini berkaitan dengan pertahanan negara dan bela negara karena ini eumua menjadi tugas kita sebagai warga negara sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar,” katanya.

Mengusung tema meningkatkan semangat bela negara untuk mewujudkan pertahanan negara yang tangguh, Rukman menyampaikan kesadaran bela Negara merupakan sikap moral dan implementasi profesionalisme, sehingga dalam aktualisasinya mampu menjadikannya sebagai unsur utama kekuatan bangsa dalam menghadapi ancaman militer dan non militer.

qw1Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (25/11) di Kampus Revolusi Mental Kaltim ini fokus terkait ancaman non militer yang saat ini terjadi di Kaltim, perang terhadap narkoba oleh Kepala BNN Kaltim dan penjelasan program kegiatan oleh Ketua alumni PCTA Kaltim serta kegiatan latihan bersama untuk mewujudkan kekompakan bersama dan menjalin tali silaturahmi antar alumni PCTA.

Kegiatan diikuti sedikitnya seratus peserta alumni PCTA Kaltim 2017 tingkat perguruan tinggi dan SLTA/sederajat. Peserta juga mendapatkan pengarahan lapangan berupa peraturan baris-berbaris (PBB) dan navigasi kompas dari Kodim 0901/Samarinda. (vb/rdg)

LEAVE A REPLY